02 April 2020, 15:45 WIB

Gubernur Ganjar Ingatkan RS Tangani Covid-19 Kontrol Limbah


Akhmad Safuan | Nusantara

GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta rumah sakit (RS) yang menangani pasien virus korona (covid-19) untuk melakukan kontrol ketat pengelolaan limbah medis.

"Saya sudah perintahkan agar masalah limbah medis covid-19 mendapat perhatian serius agar tidak menimbulkan masalah baru," kata Ganjar Pranowo kepada Media Indonesia, Kamis (2/4).

Baca juga: Sumut Tambah Satu RS Khusus Covid-19

Dalam pengelolaan limbah medis virus korona ini, kata Ganjar, harus dikelola menggunakan protokol yang telah diterapkan dan pihak RS harus mengontrol dengan ketat.

Baca juga: Ditolak Warga, Gedung Diklat di Lembang Batal Jadi Tempat Isolasi

Pengelolaan hingga pemusnahan limbah medis tersebut, lanjut Ganjar, harus sesuai dengan standar operasional Prosedur (SOP) karena limbah medis korona ini cukup berbahaya dan dapat memberikan dampak buruk jika tidak dijelola secara baik dan benar.

Baca juga: Gubernur Babel Anggarkan Bantuan Sembako Bagi ODP/PDP Covid-19

Ganjar menjelaskan, Jateng telah menerima 1.000 unit alat wadah untuk membawa spesimen Virus Transfer Media (VTM) dari Lembaga Biologi Molekuler Eijkman (LBME) Jakarta.

Wadah spesimen VTM berbentuk tabung Ini, menurut Ganjar, sangat penting karena untuk meletakkan spesimen yang diambil dari pasien menggunakan metode swab sehingga bisa dibawa ke laboraturium. (X-15)

 

BERITA TERKAIT