02 April 2020, 12:32 WIB

Presiden Jokowi Berang Kepala Daerah Tutup Akses Jalan


Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum

PRESIDEN Joko Widodo meminta Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menegur kepala daerah yang menutup akses jalan sehingga menghambat proses distribusi bahan pangan pokok.

Sebelumnya, Jokowi mengaku telah menerima laporan yang menyebutkan bahwa ada dua daerah yang menutup akses jalan. Karena hal itu, proses distribusi beras ke daerah tersebut menjadi terganggu.

Baca juga: Presiden Pantau Persiapan Ramadan di tengah Pandemi Covid-19

"Saya harap Menteri Dalam Negeri memberi teguran kepada daerah-daerah yang memblokade jalan. Jangan sampai urusan distribusi logistik ini terganggu. Tolong kepala daerah diberi tahu mengenai ini," tegas kepala negara saat memimpin rapat terbatas mengenai Persiapan Menghadapi Ramadan dan Idul Fitri 2020 yang dilaksanakan secara virtual, Kamis (2/4).

Adapun, terkait ketersediaan bahan pangan, Jokowi menyebut saat ini dalam kondisi aman

"Saya sudah cek ke gudang Bulog, ke daerah-daerah, panen raya (padi) akan seperti apa. Saya melihat masih berada pada kondisi yang baik," tuturnya

Ketersediaan yang aman juga terjadi pada komoditas pangan lain seperti daging, telur, gula, terigu dan bawang putih.

Baca juga: Menperin Ingin Tiru Tiongkok Ciptakan Peluang di Masa Krisis

"Menteri Pertanian sudah menyampaikan bahwa minggu-minggu depan mungkin harga gula akan turun pada posisi normal lagi, Rp12,500 per kg. Menteri Perdagangan juga menyampaikan bahwa stok bawang sudah masuk. Kita harapkan harga bawang putih, pada minggu-minggu depan atau syukur minggu ini, sudah kembali normal di Rp20 ribu-Rp30 ribu per kg," jelas presiden. (Pra/A-3)

BERITA TERKAIT