02 April 2020, 12:14 WIB

Menperin Ingin Tiru Tiongkok Ciptakan Peluang di Masa Krisis


M Iqbal Al Machmudi | Ekonomi

DI tengah wabah virus korona Kementerian Perindustrian terus memantau perkembangan aktivitas industri berbagai sektor di dalam negeri, terutama industri yang terdampak pandemi covid-19.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, sejumlah kebijakan strategis telah dikeluarkan pemerintah untuk percepatan penanganan wabah Covid-19 dan menjaga jalannya dunia usaha di Tanah Air.

“Pemerintah sangat serius dalam menangani covid-19 ini, termasuk agar industri kita tidak terpuruk. Jadi, penciptaan iklim usaha yang kondusif juga diprioritaskan. Namun, hal itu perlu dukungan semua stakeholder,” kata Agus di Jakarta, Kamis (2/4).

Baca juga:BI Optimistis Nilai Tukar Rupiah bakal Sentuh Rp15 Ribu

Pengawasan Kemenperin dilakukan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi pelaku industri di tengah wabah ini. Untuk itu, Menperin getol menggelar rapat jarak jauh dengan sejumlah pelaku industri.

Seperti yang dilakukan kemarin, Menperin melakukan konferensi video dengan pelaku industri kimia, farmasi, dan tekstil (IKFT). Dan Selasa (31/3) telekonferensi dengan para pelaku industri makanan dan minuman.

“Tiongkok mampu meng-create kesempatan dalam krisis seperti ini. Sebab, jika ekonomi Tiongkok membaik, akan berpengaruh juga. Maka itu, kita harus bisa menciptakan peluang baru dalam menghadapi kesulitan ini,” ujar Agus.

Baca juga:Kapolsek yang Gelar Resepsi di Hotel Mulia kini Tugas di Polda

Direktur Jenderal IKFT Kemenperin, Muhammad Khayam menjelaskan, Kemenperin akan terus memantau perkembangan di lapangan serta aktif berkoordinasi dengan para pelaku industri.

“Saat ini, kami lebih sering melakukan diskusi untuk memantau perkembangan dan permasalahan yang dihadapi industri. Bapak Menteri telah menyampaikan, masukan dan keluhan yang disampaikan pelaku industri akan segera ditindaklanjuti,” kata Khayam. (Iam/A-3)

BERITA TERKAIT