02 April 2020, 10:59 WIB

Tim MotoGP Usul Gelar Tes Pramusim Tambahan


Akmal Fauzi | Olahraga

DIREKTUR Motorsport KTM, Pit Beirer mengatakan para pabrikan MotoGP 2020 telah sepakat menggelar uji coba pramusim tambahan sebelum musim balap nanti dimulai.

Pandemi virus korona (Covid-19) membuat lima seri balap pertama MotoGP 2020 gagal dihelat sesuai jadwal semula.

Awalnya, seri MotoGP di Qatar pada 6-8 Maret lalu dibatalkan. Menyusul seri Thailand, Austin, dan Argentina ditunda hingga akhir musim. Sementara seri Jerez, Spanyol, juga ditunda meskipun belum ada tanggal pengganti.

Baca juga: Bos Aprilia Sebut Skorsing Iannone tidak Masuk Akal

Berier mengatakan tim-tim pabrikan berniat menggelar uji coba pramusim tambahan, 1-2 pekan sebelum balapan pertama dimulai. Usulan itu pun sudah diajukan kepada Dorna Sports selaku promotor MotoGP.

"Hal tersebut sudah direncanakan. Ini sangat penting karena kami tidak bisa meminta pembalap mengendarai motor dan menuntut performa terbaik mereka dalam situasi ini. Ini jelas akan jadi uji coba yang baik, dan kemudian baru kami bisa memulai lagi," kata Beirer.

Di sisi lain, Beirer mengapresiasi cara Dorna Sports dan FIM yang proaktif menghadapi Covid-19 yang memengaruhi kalender balap dan keberlangsungan tim-tim peserta. Beirer mengaku komunikasi selalu dijalankan selama masa vakum ini.

"Komunikasi kami sangat baik. Presiden FIM selalu ada, begitu juga Dorna. Wajar jika setiap pabrikan coba melanjutkan program, tapi menurut saya menjengkelkan jika kalender baru dikirim tiap baru. Saya rasa itu absurd, karena tak ada yang tahu kapan kami bisa mulai," kata dia. (Motorsport/OL-1)

BERITA TERKAIT