02 April 2020, 10:40 WIB

Karantina Wilayah Parsial Solusi Pandemi


Dede Susianti | Megapolitan

WAKIL Wali Kota Bogor Dedie A Rachim menegaskan pihaknya punya skenario terbaik untuk menangani penyebaran virus korona baru (covid-19). Caranya dengan menerapkan karantina wilayah parsial (KWP) dan membentuk rukun warga (RW) siaga ketimbang isolasi total.

Dedie yang ditunjuk sebagai Plt Wali Kota Bogor mengatakan, hasil rapat terbatas Presiden dengan para gubernur disebutkan bahwa pemerintah daerah di tingkat kota/kabupaten hanya dibolehkan menerapkan KWP.

Misalnya, terang dia, kompleks perumahan, kelurahan, atau kecamatan yang memiliki risiko tinggi penyebaran virusnya. "Kunci dari penyelesaian masalah covid-19 ini adalah social distancing. Oleh karena itu, apabila masih ada pergerakan masyarakat atau mobilisasi massa yang terlalu besar, akan mengakibatkan risiko yang tinggi," katanya, kemarin.

Oleh karena itu, kata Dedie, Pemkot Bogor diminta untuk menyiapkan langkah-langkah pembatasan yang diarahkan lebih kepada area tertentu yang lebih tinggi penyebaran covid-19 atau disebut KWP.

Selanjutnya, para lurah didampingi camat diminta menyiapkan sejumlah langkah teknis, seperti melaksanakan sosialisasi pencegahan penyebaran covid-19 bersama pengurus RW, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, kader PKK, pengurus LPM, dan seluruh potensi masyarakat yang ada di wilayah mereka.

Lurah pun wajib melakukan pemetaan dan pendataan masyarakat terdampak, misbar (miskin baru), serta membuat daftar di luar database kemiskinan Kota Bogor atau di luar penerima Program Keluarga Harapan (PKH).

Selain itu, imbuhnya, masyarakat juga perlu diberikan informasi yang utuh terkait dengan instruksi Presiden agar melakukan aktivitas belajar, bekerja, dan beribadah dari rumah masing-masing.

"Kita semua harus kompak jika ingin sama-sama merayakan Lebaran. Hari ini sampai menjelang puasa kita berjuang dari rumah masing-masing untuk menahan diri, sabar, ikhlas, dan tawakal secara berjemaah," tutup Dedie. (DD/J-3)

BERITA TERKAIT