01 April 2020, 10:40 WIB

Belanja Kebutuhan Dapur lewat Daring


SURYANI WANDARI PUTRI | Megapolitan

PERUMDA Pasar Jaya membuka layanan daring untuk transaksi jual beli kebutuhan pangan. Layanan daring ini melalui pesan singkat di aplikasi WhatsApp.

Layanan daring memudahkan masyarakat membeli kebutuhan pokok tanpa harus keluar rumah sesuai imbauan pemerintah untuk meminimalisasi mobilitas guna mencegah penularan covid-19.

Perumda Pasar Jaya di akun Instagram resminya @perumdapasarjaya mencantumkan puluhan nomor WhatsApp para pedagang di 86 pasar tradisional yang bersedia melayani transaksi pembeli.

Humas Perumda Pasar Jaya Gatra Vaganza menyebut masyarakat menyambut positif program ini. “Sambutannya sangai baik. Sudah mulai banyak warga yang memanfaatkan,” kata Gatra kepada Media Indonesia, kemarin.

Layanan dilakukan dimulai dari pembeli mengirimkan pesan kepada pedagang dengan menyebutkan komoditas serta jumlahnya. Setelah terjadi kesepakatan harga, pembeli mengirimkan nominal jumlah pembayaran beserta ongkos kirim ke rekening milik pedagang. Setelahnya pedagang akan mengirimkan barang sesuai alamat pembeli.

“Tetap ada tawar-menawar. Karena itu kan hubungannya langsung antara pembeli dan pedagang. Kami tidak intervensi di situ. Tapi, kami pastikan harganya masih sesuai harga pasar,” tandas Gatra.

Pasar yang memiliki pesanan daring terbanyak sejauh ini dipegang Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur. “Kalau barangnya jelek, tidak sesuai dengan pembelian, silakan lapor ke kami. Kami akan fasilitasi,” imbuhnya.

 

Jakgrosir

Selain mendekatkan pembeli dengan pedagang pasar, Perumda Pasar Jaya terus mengembangkan pasar grosir untuk menekan harga kebutuhan pokok.

Setelah beroperasinya Jakgrosir Pasar Walang Baru pada 24 Maret, kali ini Jakgrosir Pasar Kedoya dioperasikan.

Jakgrosir Pasar Kedoya menjadi pusat perkulakan untuk seluruh gerai pangan yang ada di wilayah Jakarta Barat. Pasar Jaya menargetkan di setiap wilayah Jakarta akan ada Jakgrosir.

Jakgrosir Pasar Kedoya beroperasi mulai pukul 09.00–19.00 WIB setiap harinya. Beroperasinya Jakgrosir Pasar Kedoya akan membantu masyarakat untuk mendapatkan kebutuhan pangan dengan harga murah. Terlebih di masa tanggap darurat covid-19 seperti saat sekarang ini.

Jakgrosir Pasar Kedoya menjadi Jakgrosir keempat yang dioperasikan Pasar Jaya. Untuk di Wilayah Jakarta Timur ada Jakgrosir Pasar Induk Kramat Jati, Di Jakarta Utara ada Jakgrosir Pasar Walang Baru, di Kepulauan Seribu ada Jakgrosir Pulau Tidung Kecil.

“Sebelumnya hanya Jakgrosir Pasar Induk Kramat Jati yang menjadi pusat penyebaran berbagai kebutuhan pangan murah dan barang pedagang. Adanya Jakgrosir Pasar Kedoya akan mempermudah penyebaran barang lebih maksimal lagi,” ujar Direktur Utama Perumda Pasar Jaya, Arief Nasrudin, dalam keterangan resminya, Selasa (31/3). (Put/J-2)

BERITA TERKAIT