01 April 2020, 07:05 WIB

Dedikasi Bob Hasan pada Olahraga tidak Terlupakan


Dmr/Mal/X-10 | Olahraga

MOHAMMAD Hasan yang akrab disapa Bob Hasan meninggal dunia di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, pada pukul 11.00 WIB, kemarin. Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) sejak 1976 itu wafat pada usia 89 tahun setelah menjalani perawatan penyakit kanker secara intensif sejak tiga bulan terakhir.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan Bob Hasan merupakan sosok orang yang hebat dan berdedikasi tinggi pada dunia
olahraga Indonesia. “Saya sangat berdukacita atas berpulangnya ke rahmatullah Bapak Mohammad Bob Hasan. Sebulan yang lalu waktu beliau masih berobat di Thailand, saya masih sempat ngobrol dengannya.”

Zainudin menuturkan bahwa Bob Hasan ialah sosok yang dengan suka dukanya berkontribusi dan membawa cabang olahraga atletik ke kompetisi bergengsi. “Jasa beliau untuk olahraga di Indonesia sangat luar biasa, khususnya untuk cabor atletik. Setelah tiga hari saya dilantik menjadi menpora, saya mendatangi tempat pelatnas atletik yang sedang persiapan untuk ke SEA Games di Filipina. Di situ saya ngobrol lama (lebih dari 1 jam) dengan Pak Bob. Beliau cerita panjang-lebar tentang suka duka mengurus cabor, khususnya atletik,” imbuhnya.

Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari juga mengatakan dunia olahraga Indonesia kehilangan tokoh yang berdedikasi tinggi atas meninggalnya Bob Hasan.

“Saya dan jajaran pengurus NOC (KOI) Indonesia ikut belasungkawa. Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun. Semoga almarhum wafat dalam husnul khotimah, semua kebaikan diterima, serta mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT,” kata Okto.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Marciano Norman mengatakan Bob Hasan ialah tokoh olahraga nasional yang memiliki dedikasi dan semangat luar biasa dalam membina atletik Indonesia.

“Bob Hasan dengan sabar mencurahkan tenaga, pikiran, dana, dan perhatiannya untuk membina dan meningkatkan prestasi atletik Indonesia,” katanya.

Selain di dunia olahraga, Bob Hasan juga dikenal sebagai pengusaha sukses. Dia juga sempat menjabat sebagai Menteri Perindustrian dan Perdagangan pada Kabinet Pembangunan VII. Namun, dia sempat mendekam di LP Nusakambangan terkait kasus korupsi proyek pemetaan hutan.

Jenazah Bob Hasan akan dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Gatot Subroto, Ungaran, Jawa Tengah, hari ini. (Dmr/Mal/X-10)

BERITA TERKAIT