31 March 2020, 23:41 WIB

Di Tengah Wabah Covid-19, Kursus Bahasa Inggris Bisa dari Rumah  


mediaindonesia.com | Humaniora

MASYARAKAT Indonesia sedang berjuang melawan pandemi virus korona atau Covid-19. Untuk menekan penyebaran virus tersebut, pemerintah mengimbau masyarakat untuk menerapkan social distancing serta menghindari kerumunan.  

Terkait imbauan pemerintah untuk mencegah penularan kegiatan sekolah pun diliburkan. Bukan hanya itu, lembaga pendidikan dan kursus-kursus termasuk kursus bahasa Inggris juga meliburkan kegiatan pertemuan langsung di ruang kelas.

Salah satu kursus bahasa Inggris yang menghentikan kegiatan di ruang kelas adalah EF Kids & Teens. Namun menghentikan kegiatan di ruang kelas tidak berarti libur kegiatan belajar mengajar tetapi para siswa-siswinya tetap belajar di rumah secara online.  

Kendati belajar di rumah secara online, para siswa harus tetap belajar dengan serius. Dengan memiliki lebih dari 1 juta siswa aktif dan alumni, EF Kids & Teens telah memiliki program belajar secara online dengan dukungan teknologi sehingga para siswa tetap belajar bahasa Inggris secara efektif dan menyenangkan.

Beberapa program online yang telah diterapkan di antaranya EF Online Practice yang dapat diakses melalui study.ef.com serta program Grammar Pro khusus untuk siswa EF. EF Standard English Test (EFSET), tes Bahasa Inggris gratis yang bisa diakses semua orang khusus usia 14 tahun ke atas dengan situs yang telah disediakan.

Selain itu ada Youtube Series EFolklore, sebuah video animasi cerita rakyat Indonesia berbahasa Inggris. Video bisa diakses di kanal resmi youtube EF English First. Ada pula EF Premium Online Class, program yang baru diluncurkan untuk memberikan pengalaman belajar interaktif secara online.

Director Corporate Affairs EF English First Juli Simatupang mengatakan bahwa untuk mendukung kebutuhan dalam keberlangsungan kegiatan belajar, platform pembelajaran online ini dapat diakses para siswai untuk mengikuti kelas bahasa Inggris, tanpa harus datang ke sekolah EF.

“Sehingga, mereka tetap dapat merasakan pengalaman belajar seperti sedang berada di ruang kelas meskipun dilakukan dari rumah,” kata Juli di Jakarta, Selasa (31/3).

“Seperti halnya sekolah-sekolah EF di Tiongkok yang sebelumnya juga harus belajar di rumah karena pandemic Covid-19i, siswa-siswi EF di Indonesia tetap dapat belajar melalui kelas online dengan mengakses aplikasi pembelajaran melalui gawai yang mereka miliki,” jelas Juli.

“Sistem ini telah terbukti bisa berjalan dengan efektif, dan hal ini juga akan kami terapkan di Indonesia dalam rangka mendukung arahan pemerintah dan untuk menjaga siswa-siswi serta staf kami, mengingat kesehatan dan keselamatan mereka menjadi prioritas kami,” ungkap Juli.

Dalam program EF Premium Online Class, setiap sesi akan dibimbing oleh seorang guru dengan jumlah siswa yang sudah dibatasi, untuk memastikan efektivitas kegiatan belajar. “Selain itu, tersedia juga berbagai materi yang interaktif sehingga proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan mudah untuk dipahami,” ujar Juli. (OL-09)

 

 

 

BERITA TERKAIT