31 March 2020, 14:39 WIB

Tiga Kandidat Lolos Seleksi Deputi Penindakan KPK


Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) merampungkan tahapan seleksi administrasi dan potensi calon Deputi Penindakan. Sebanyak 3 dari total 11 peserta dinyatakan lolos dan akan mengikuti proses lanjutan.

"Peserta yang lolos akan mengikuti seleksi kesehatan dan wawancara pada 2-7 April 2020. Proses seleksi menggunakan cara yang sama seperti sebelumnya yaitu seleksi administrasi, seleksi tes potensi dan asesmen yang dilakukan pihak ketiga yang profesional dan independen," kata Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK, Ali Fikri, Selasa (31/3).

Baca juga: KPK Diminta Transparan Seleksi Deputi Penindakan

Ali menambahkan dalam proses seleksi, KPK juga melakukan pengecekan latar belakang (background check) peserta yang dilakukan internal KPK dan pihak ketiga. Termasuk juga pengecekan kepatuhan laporan harta kekayaan atau LHKPN. Ali memastikan seleksi pengisian jabatan tersebut berjalan terbuka dan akuntabel.

Namun, ia tidak merinci tiga orang yang telah lolos seleksi administrasi tersebut. KPK sempat menyebutkan dari total 11 pelamar, ada tujuh polisi dan jaksa yang mengikuti seleksi.

"KPK selalu berpegang pada ketentuan UU KPK yang tercantum pada Pasal 5 UU KPK terkait asas kepastian hukum, keterbukaan, dan akuntabilitas," ucapnya.

Selain jabatan Deputi Penindakan, KPK juga melakukan seleksi pengisi jabatan Deputi Informasi dan Data, Direktur Penyelidikan, dan Kepala Biro Hukum. (OL-6)

BERITA TERKAIT