31 March 2020, 14:35 WIB

1 April, Tol Palembang-Kayu Agung Operasional tanpa Peresmian


Dwi Apriani | Nusantara

JALAN tol Palembang-Kayu Agung sepanjang 33 kilometer bakal mulai beroperasi pada Rabu (1/4). Kali ini, operasional ruas tol itu dilaksanakan tanpa ada seremoni peresmian.

"Kita memang tidak ada peresmian. Langsung beroperasional mulai buka pada Rabu (1/4) pukul 07.00 WIB. Kita buka untuk umum dengan standar operasional tapi belum bertarif," kata Deputi Pembangunan Jalan Tol Palembang-Kayu Agung PT Sriwijaya Waskita Tol Yusuf Ar Rosadi, Selasa (31/3).

Pihaknya belum menentukan sampai kapan pembebasan tarif karena masih menunggu keputusan tarif dari Kementerian PU dan Kementerian Perhubungan. Namun diprediksi pembebasan tarif selama dua minggu hingga satu bulan ke depan.

"Bebas tarif tol sampai keputusan tarif dari kementerian keluar. Bisa dua minggu hingga satu bulan ke depan," kata dia.

Baca juga: Lima Pasien Covid-19 di Jawa Tengah Sembuh

Ia mengatakan, untuk kontruksi memang sudah 100% untuk ruas dari Palembang ke Kayuagung. Namun khusus akses Jejawi masih dalam pengerjaan.

"Mainroad kita sudah 100%. Kita sudah pasang imbauan dan peringatan berupa spanduk dan papan informasi di sepanjang ruas tol. Imbauan berupa pengaturan kecepatan dan sebagainya. Marka jalan juga sudah terpasang sesuai standar. Untuk lampu penerangan jalan kita tempatkan di sejumlah interchange. Untuk di sepanjang main road kita pasang mata kucing untuk penunjuk jalan," kata dia.

Jam operasional tol selama 24 jam. Untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat pengguna tol, pihaknya pun menempatkan petugas di sejumlah titik bekerja sama dengan kepolisian, TNI, dan petugas jalan tol.

"Pintu masuk dan keluar tol di Palembang berada di Jakabaring. Dan nantinya akan terhubung ke Kayu Agung dan Lampung," kata Yusuf.

Dengan jalan tol ini, perjalanan dari Palembang ke Kayu Agung bisa ditempuh selama 20 menit dengan kecepatan minimal 60 km per jam. "Jika mau ke Lampung bisa lebih cepat karena hanya memakan waktu sekitar 3 jam," tandasnya. (X-15)

BERITA TERKAIT