31 March 2020, 11:21 WIB

WFH, Bawaslu Tetap Jalankan Tugasnya


Cahya Mulyana | Politik dan Hukum

BADAN Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI menjalankan tugas dan kewenangan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Meskipun di tengah pandemi virus korona atau Covid-19, lembaga yang bertugas memastikan pesta demokrasi berjalan jujur, adil, rahasia dan bebas dari kecurangan ini tetap bekerja dengan menerapkan protokol kesehatan, physical distancing, dan bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

Anggota Bawaslu RI Mochammad Afifuddin menjelaskan kepada Media Indonesia bahwa Bawaslu RI melanjutkan program kerja yang telah disusun sebelum. Ancaman Covid-19 tidak menjadi halangan karena kerja Bawaslu menerapkan seluruh anjuran pemerintah.

"Dalam menjalankan tugas dan program Bawaslu tidak ada kendala dengan WFH dan anjuran pemerintah lainnya. Seperti piket kita atur, protokol di kantor diperketat dan koordinasi dengan daerah berjenjang juga melalui video conference semua. Kita bekerja dengan mekanisme pencegahan pandemi menjadi utama," katanya, Selasa (31/3).

Baca juga: WFH bagi ASN Diperpanjang hingga 21 April

Menurut dia, salah satu kegiatan yang terus dilaksanakan Bawaslu yakni melakukan review pencalonan perseorangan.

Seluruh daerah dimonitor Bawaslu pusat dengan tujuan tahapan ini berjalan dengan baik dan bila terdapat pelanggaran segera ditindaklanjuti.

"Kita update pengawasan pencalonan perseorangan yang kemarin sudah berlangsung. Selebihnya tidak banyak yang bisa kita lakukan ditengah musibah ini apalagi setelah kesepakatan penundaan," paparnya.

Ia menyatakan kondisi ini kurang tepat bila dipaksakan untuk melangsungkan pesta demokrasi di 270 daerah.

"Yang bisa kita dorong sekarang adalah keluarnya Perppu untuk mengatur penundaan tahapan ini," pungkasnya.

Sebelumnya, Komisi II DPR bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sepakat menunda Pilkada 2020. Penundaan dilakukan akibat wabah korona.

"Bahwa tahapan yang tersisa dan belum bisa dilaksanakan karena pandemi covid ini ya ditunda," kata Wakil Ketua Komisi II Arif Wibowo di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (30/3). (OL-1)

BERITA TERKAIT