31 March 2020, 08:16 WIB

AS akan Kirim Pasokan Medis ke Italia, Prancis, dan Spanyol


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Senin (30/3), mengatakan AS akan mengirim peralatan medis untuk memerangi pandemi virus korona (Covid-19) ke Italia dan kemudian ke Prancis dan Spanyol.

Trump, berbicara pada briefing hariannya di Gedung Putih, membahas secara spesifik tentang jenis bantuan atau waktunya, tetapi mengatakan sejumlah besar diperuntukkan untuk Italia yang memiliki jumlah kematian akibat Covid-19 tertinggi di dunia.

"Kami akan mengirimkan barang-barang bedah, medis, dan peralatan rumah sakit senilai sekitar US$100 juta ke Italia," ujarnya seraya menambahkan Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte senang dengan keputusan itu.

Trump telah dikritik atas tanggapan yang awalnya dinilai lambat dalam merespons penyebaran pandemi yang kini meningkat di AS.

Baca juga: Bolsonaro Perintahkan Hentikan Karantina

Adegan mengerikan dari rumah sakit di New York dan tempat lain menyingkap sistem kesehatan yang tidak siap dengan pasokan dasar seperti masker wajah, serta perangkat yang menyelamatkan jiwa seperti respirator.

"Kami juga mengirimkan barang-barang yang tidak kami butuhkan ke bagian lain," kata Trump.

Wali Kota New York sebelumnya telah memperingatkan lebih dari seminggu yang lalu kota itu kehabisan peralatan penting seperti ventilator.

"Kami akan mengirimnya ke Italia. Kami akan mengirimnya ke Prancis. Kami akan mengirimnya ke Spanyol, karena mereka memiliki masalah luar biasa, dan negara lain yang kami bisa," kata Trump. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT