31 March 2020, 01:14 WIB

Catat, Olimpiade Tokyo Digelar 23 Juli-8 Agustus 2021!


Ghani Nurcahyadi | Olahraga

SEPEKAN setelah diumumkan ditunda, jadwal terbaru penyelenggaraan Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020 kini telah ditetapkan.

"Olimpiade akan digelar pada 23 Juli-8 Agustus, sementara Paralimpiade akan digelar pada 24 Agustus-5 September," kata Ketua Panitia Penyelenggara (Topogoc) Yoshiro Mori dikutip dari AFP.

Keputusan itu diambil hanya beberapa jam setelah Mori memberikan keterangan pers yang menyebut jadwal Olimpiade akan diumumkan pekan ini.

Setelah keterangan pers tersebut, Topogoc dan Komite Olimpiade Internasional (IOC) langsung menggelar telekonferensi dan memutuskan jadwal penyelenggaraan Olimpiade yang tertunda akibat pandemi virus korona Covid-19 itu.

Jadwal baru itu, jelas Mori, memberikan waktu bagi negara-negara mempersiapkam atletnya untuk berlatih usai wabah virus korona dan mempersiapkan jadwal kualifikasi bagi federasi olahraga internasional.

Baca juga : Pekan Ini Tokyo akan Umumkan Jadwal Baru Olimpiade

IOC dalam keterangannya menambahkan, jadwal terbaru itu juga sudah disesuaikan dengan agenda olahraga internasional tahun depan.

"Jadwal itu juga memberikan waktu maksimum bagi negara-negara untuk fokus menangani pandemi Covid-19, sekaligus memghindari bentrokan dengan agenda olahraga laon," kata IOC.

Jadwal terbaru Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo juga menepis kontroversi soal penyelenggaraan Olimpiade di musim semi untuk menghindari cuaca panas di Jepang.

Presiden IOC Thomas Bach menambahkan, Olimpiade Tokyo tahun depan juga akan mengusung tema kemanusiaan, terutama terkait pandemi virus korona yang menunda banyak agenda olahraga.

"Umat manusia saat ini berada di lorong yang gelap. Olimpiade akan menjadi cahaya di ujung lorong gelap itu," ujar Bach. (AFP/OL-7)

BERITA TERKAIT