30 March 2020, 22:39 WIB

Lusa, 15 Jadwal KA Argo Cirebon Dibatalkan


Nurul Hidayah | Nusantara

MULAI 1 April, sebanyak 15 perjalanan kereta api (KA) Argo Cheribon dibatalkan. Volume penumpan juga terus menurun hingga 47
persen.

Manajer Humasda PT KAI Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon, Luqman Arif, menjelaskan jika mulai 1 April hingga 1 Mei 2020 sebanyak 15 perjalanan KA Argo Cheribon dibatalkan. Pembatalan ini merupakan pembatalan tahap kedua setelah sebelumnya sempat dilakukan pembatalan juga.

''Tapi masih tersedia 4 perjalanan KA Argo Cheribon yang beroperasi,'' ungkap Luqman,

Senin (30/3). Padahal dalam kondisi normal ada 19 perjalanan kereta api setiap harinya di Daop 3 Cirebon.

Pembatalan perjalanan kereta api tersebut menurut Luqman sebagai upaya dari PT KAI untuk mendukung langkah pemerintah yang membatasi mobilitas warga pada pandemik virus covid-19 saat ini.

''Namun untuk jarak antar penumpang di kereta api juga tetap akan diterapkan melalui pengaturan oleh kondektur yang berdinas,'' ungkap Luqman.

Ditambahkan Luqman, sejak mewabahnya virus covid-19, jumlah penumpang yang naik maupun yang turun di sejumlah stasiun di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon mengalami penurunan.

''Rata-rata penurunan penumpang mencapai 47 persen,'' ungkap Luqman.

Dalam kondisi normal, jumlah penumpang mencpaai 5.838 setiap harinya, namun saat ini hanya mencapai 3.089 penumpang.

''Penurunan tertinggi terjadi di Stasiun Cirebon dengan presentasi 57 persen,'' ungkap Luqman.

Selanjutnya Stasiun Ciledug 51 persen, Stasiun Jatibarang 44 persen dan Stasiun Cirebon Prujakan turun hingga 40 persen.

Selanjutnya untuk calon penumpang yang terdampak pembatalan kereta api dalam kurun waktu yang telah ditetapkan, bisa mengajukan pengembalian bea tiket.

''Bea dibayarkan penuh 100 persen diluar bea pesan,'' ungkap Luqman. Untuk kali ini,

PT KAI tidak mengalihkan penumpang yang jadwalnya batal ke perjalanan kereta api lainnya, namun penumpang sendiri yang dapat melakukan pembelian tiket dengan jadwal kereta api yang lain secara mandiri.

''Kami mohon maaf kepada pelanggan atas dibatalkannya sejumlah perjalanan kereta api. Semoga pandemi ini segera membaik'' ungkap Luqman. (UL)

 

BERITA TERKAIT