30 March 2020, 16:23 WIB

Demi Tenaga Medis, Bus Transjabodetabek ke RSCM Tetap Beroperasi


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

SEMENJAK virus korona (Covid-19) mewabah di Jakarta dan sekitarnya, operator angkutan umum harus menghentikan sejumlah rute. Direktur Utama Perum Pengangkutan Djakarta (PPD) Pande Putu Yasa mengatakan hal itu disebabkan ada banyak perumahan yang warganya sudah terindikasi kena Covid-19.

Di sisi lain, Pande memutuskan untuk tetap mengoperasikan layanan lainnya, terutama yang memiliki rute yang menghubungkan dengan fasilitas kesehatan seperti rute Salemba di mana RSCM berada. Area yang dilayani yakni rute Pondok Cabe-Terminal Senen. Hal ini sesuai dengan permintaan para penumpang yang merupakan tenaga medis RSCM.

Baca juga: Operasional Bus Jakarta Disetop untuk Putus Penyebaran Covid-19

"Tapi yang menjadi catatan buat saya adalah sebagian besar pengguna transjabodetabek ini adalah tenaga-tenaga medis yang mempergunakan. Kita usul tenaga medis yang gunakan ini tetap kita layani. Misalnya dari pondok cabe minta untuk tetap dilayani, ada dua bus mengarah ke RSCM," kata Pande saat dihubungi, Senin (30/3).

Sementara itu, untuk kebijakan karantina wilayah, ia sepenuhnya mengikuti arahan dari pemerintah pusat.

"Kami ada dua bus untuk melayani, mengarah ke RSCM. Saya masih menunggu kebijakan daripada pemerintah, seperti apa kalau memang akses masuk DKI Jakarta memang sudah tidak boleh, tentunya ini akan kami hentikan juga,"ujarnya. (OL-6)
 

BERITA TERKAIT