30 March 2020, 16:15 WIB

121 TKI Pulang ke Sampang, Bus Pengangkut Disterilisasi


Mohammad ghozi | Nusantara

SEBANYAK empat bus antar kota antar provinsi (AKAP) yang membawa Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Madura, Jawa Timur, disterilkan di Posko Penanganan Vovid-19 Kabupaten Sampang, Senin (30/3). Bus jurusan Jakarta-Madura tersebut membawa 121 orang TKI yang akan mudik ke Madura.

Petugas yang mendapat informasi kedatangan para TKI sudah menunggu diperbatasan Kabupaten Sampang di Kecamatan Jrengik. Empat bus tersebut langsung dikawal menuju Posko di Gedung Kesenian Sampang untuk menjalani pemeriksaan dan sterilisasi.

Di gedung yang berlokasi di Jalan Wijaya Kusuma tersebut, dilakukan penyemprotan disinfektan dan seluruh penumpang diperiksa suhu tubuhnya.

Koordinator Bidang Informasi dan Komunikasi Satgas Covid-19 Sampang, Djuwardi, mengatakan seluruh penumpang bus langsung dinyatakan sebagai Orang Dalam Resiko (ODR) dan identitas mereka didata.

"Kami menjelaskan kepada mereka tujuan dari pendataan dan prosedur yang kami lakukan dan mereka memahami," kata Djuwardi.

Dari hasil pendataan tersebut, 22 diantara mereka adalah warga asal Kabuoaten Sampang dan sisanya dari Kabupaten Pamekasan dan Sumenep.

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Kabupaten Pamekasan dan Sumenep tentang kedatangan para TKI tetsebut untuk dilakukan proses sesuai prosedur yang berlaku. Sementara 22 warga asal Sampang langsung dijemput keluarga masing-masing.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Pamekasan dan Sumenep karena ini berkaitan dengan penanganan Covid. Sementara untuk warga asal Sampang sudah dijemput keluarganya dan status mereka ODR," kata Djuwardi. (OL-4)

BERITA TERKAIT