30 March 2020, 11:25 WIB

20 Ilustrator Riau Himpun Donasi untuk APD Paramedis Covid-19


Rudi Kurniawansyah | Nusantara

Dalam rangka membantu perjuangan dokter dan paramedis melawan pandemi covid-19, sebanyak 20 ilustrator Riau yang tergabung dalam gerakan 'Ngamen Ilustrasi' menarik simpati masyarakat untuk berdonasi. Para ilustrator yang bergabung dalam gerakan sosial ini berasal dari sejumlah perkumpulan seperti komunitas Komik Riau, anak-anak komunitas Sindikat Kartunis Riau, dan beberapa ilustrator independen.

Hasil dana yang dihimpun akan disalurkan kepada Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Riau. Penggunaan dana juga akan dilaporkan secara transparan kepada publik melalui Instagram_sinstesis.

"Gerakan ini merupakan inisiatif teman-teman ilustrator di Riau untuk membantu para super hero (pahlawan), yaitu dokter dan paramedis yang sedang berjuang melawan covid-19. Dana yang dihimpun akan disalurkan kepada IDI Riau untuk dipergunakan membeli APD, masker, dan keperluan
lainnya yang mereka butuhkan," kata inisiator Ngamen Ilustrasi Fauzan atau akrab disapa Paopunk, Pekanbaru, Minggu (29/3).

Baca juga: Cegah Covid-19, Mesjid Raya An-Nur Riau Tiadakan Shalat Jumat

Menurutnya, kegiatan ilustrasi merupakan aktivitas paling tepat saat ini. Imbauan pemerintah supaya 'di rumah saja', social distancing, juga physical distancing harus dipatuhi dan terbukti berjalan cukup efektif.

Bagi yang ingin berdonasi, kata Paopunk, cara berdonasinya mudah. "Donatur bisa mentransfer dananya ke rekening BRI 3358-01-053208-53-2 atas nama M. Ihsan Yurin. Lalu, kirimkan bukti transfer ke Dede dengan nomor kontak 0813-3217-0022 untuk dikonfirmasi. Setelah terkonfirmasi, barulah donatur boleh minta dibuatkan ilustrasi diri berupa kartun, poster, karikatur atau lainnya," ujar Paopunk.

Menurutnya, kegiatan ini sudah yang kedua kalinya. "Yang pertama kali adalah saat kabut asap melanda Riau tahun lalu dan kami berhasil menarik minat masyarakat berdonasi bahkan dari luar Riau," tutur Paopunk.

Dirinya berharap Pao berharap aksi sosial yang digalang para ilustrator Riau dapat membantu para pejuang di garda terdepan yang menangani pasien covid-19. "Saya berharap pandemi covid-19 ini segera berlalu dan segera ditemukan vaksin antivirusnya. Biar kita bisa ngumpul dan ngopi bareng lagi," pungkasnya. (Ol-14)

 

BERITA TERKAIT