30 March 2020, 10:57 WIB

Putus Rantai Penyebaran Covid-19, Masyarakat Jadi Garda Terdepan


Atalya Puspa | Humaniora

TIM Medis Covid-19 menekankan masyarakat sebagai garda terdepan untuk memutus rantai penyebaran virus korona (covid-19).

Untuk menahan laju penularan covid-19, masyarakat harus melakukan sejumlah cara. Di antaranya, sering mencuci tangan dan hindari pertemuan langsung dengan banyak orang.

"Penularan virus ini kan ada dua, langsung dan tidak langsung. Langsung berasal dari droplet, dan tidak langsung dari benda. Virusnya akan mati kalau kita cuci tangan dengan sabun, karena virus ini dilapisi oleh lemak," jelas anggota Tim Medis Covid-19, Erlina Burhan, melalui telekonfrensi di Graha BNPB, Senin (30/3).

Baca juga: Jangan Abaikan Tiga Sumber Penularan Covid-19

Cuci tangan, lanjut dia, harus dilakukan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas dengan tata cara yang benar. Selain itu, Erlina mengingatkan pentingnya menjaga jarak saat berinteraksi dengan sesama. Dia pun mengimbau masyarakat untuk menghindari pertemuan langsung yang melibatkan banyak orang, agar tidak terjadi penularan dalam jumlah besar.

"Cuci tangan agar tidak terkontaminasi virus, jangan menyentuh wajah dan gunakan masker bagi yang sakit," tegas Erlina.

"Memutus rantai penularan adalah hal yang sangat penting karena ini harus dilakukan. Memutus rantai penularan adalah wajib dilakukan, jika kita ingin lepas dari masalah covid-19," pungkasnya.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT