30 March 2020, 07:25 WIB

Sandiaga dan Prabowo Bertarung pada Pilpres 2024


Cah/Ant/P-3 | Politik dan Hukum

MANTAN pasangan Prabowo Subianto dalam Pilpres 2019, Sandiaga Salahuddin Uno, menempati urutan teratas sebagai tokoh paling mampu membuka lapangan kerja. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu juga mengalahkan koleganya, Anies Baswedan. Hal itu terungkap dalam hasil survei nasional yang dirilis Charta Politika, kemarin.

Survei tersebut dilakukan pada 20-27 Februari 2020 di seluruh provinsi di Indonesia. Metode yang digunakan ialah wawancara tatap muka (face to face interview) terhadap sampel acak (random sampling) responden. Margin of error dari survei itu sebesar 2,83%.

Direktur Riset Charta Politika, Muslimin, mengatakan sebagian besar responden percaya Sandi dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan menyejahterakan rakyat apabila terpilih sebagai presiden pada 2024.

“Sandiaga menempati posisi teratas sebagai tokoh yang dipercaya masyarakat dapat membuka lapangan pekerjaan yang dapat membantu kehidupan rakyat Indonesia. Mantan Wagub DKI Jakarta itu dipercaya oleh 23,2% rakyat,” jelas Muslimin.

Ia mengatakan raihan yang diperoleh Sandi itu jauh lebih tinggi dari tokoh terkenal lainnya, seperti Prabowo Subianto yang hanya memperoleh 11,8%, Anies Baswedan 11,4%, Ridwan Kamil 10,3%, Ganjar Pranowo 9,2%, Tri Rismaharini 5,3%, Agus Harimurti Yudhoyono 3,2%, dan Puan Maharani 0,8%.

Selain unggul sebagai sosok yang dapat membuka lapangan pekerjaan, lanjut dia, Sandi pun unggul dalam simulasi elektabilitas atas tiga nama. “Pasalnya, ia dianggap sosok yang dapat mengendalikan harga bahan pokok, serta paling mewakili generasi muda yang milenial,” pungkasnya.

Keunggulannya yang lebih dari satu tersebut semakin memperkuat isu Sandi akan siap maju kembali pada 2024. Berbeda dari periode yang lalu, pada 2024, Sandi diprediksi akan maju sebagai capres.

Sebelumnya, hasil survei yang dilakukan Cyrus Network juga menyebutkan Sandi memiliki elektabilitas tertinggi untuk Pilpres 2024, dalam simulasi enam tokoh tanpa Prabowo Subianto dan Joko Widodo. “Saat nama Prabowo dihilangkan, Sandi menempati urutan pertama,” jelas CEO Cyrus Network Eko David Afi anto di Jakarta, Jumat (13/3). (Cah/Ant/P-3)

BERITA TERKAIT