30 March 2020, 06:40 WIB

Pasien Sembuh Bertambah Jadi 64 Orang


Fer/BN/RK/PO/JL/HT/KG/X-7 | Humaniora

JUMLAH pasien yang sembuh dari virus covid-19 (virus korona) dan dinyatakan pulang bertambah lima orang, sehingga total pasien yang sembuh menjadi 64.

Lima pasien positif korona yang sembuh tersebut, tiga di Malang, Jawa Timur, satu dari Pekanbaru, Riau, dan satu lagi dari Manggarai Barat, NTT.

“Data itu dikumpulkan sejak pukul 12.00 Sabtu (28/3) hingga pukul 12.00 WIB, Minggu (29/3),” ujar Juru bicara pemerintah penanganan korona Achmad Yurianto, di gedung Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, kemarin.

Pemeriksaan laboratorium yang dilaksanakan di seluruh Indonesia, lanjutnya, mencapai 6.500 pemeriksaan spesimen.

Menurut Yurianto, jumlah pasien yang dinyatakan positif covid-19 hingga kemarin bertambah 130 kasus. Sehingga total keseluruhan
pasien covid-19 di Indonesia menjadi 1.285 orang, dan pasien meninggal bertambah 12 menjadi total 114 orang.

“Penambahan angka kasus positif ini masih menggambarkan bahwa di luar, di lingkungan masyarakat ada kasus positif yang belum diisolasi sehingga masih ada penularan karena kontak dekat,” tambah Yurianto.

Terpisah, Kabag Humas Pemkot Malang Nur Widianto mengatakan, tiga pasien positif korona yang sembuh itu adalah warga Kecamatan Blimbing dan Kecamatan Kedungkandang. “Kini mereka sudah di rumah masing-masing, akan tetapi masih dalam pantauan. Mereka tetap diminta mengisolasi diri secara mandiri terlebih dahulu,” ujar Nur.

Isolasi mandiri juga dilakukan M, pasien covid-19 dari Pekanbaru yang dinyatakan sembuh setelah dirawat beberapa pekan di RSUD Arifin Achmad.

“Dinyatakan sembuh setelah hasil uji sampel swab dikonfirmasi negatif secara berturut-turut dan kondisinya terus membaik. M dikembalikan ke rumahnya akan tetapi dalam pengawasan,” jelas Juru Bicara Tim Penanganan Covid-19 Riau dr Indra Yovi.

Pelaksana tugas Sekda Manggarai Barat, Ismail Sudir, mengatakan, satu pasien terduga covid-19 yang dirawat di RSUD Komodo dinyatakan sembuh dan sudah diperbolehkan kembali ke rumah.

Sementara itu, satu lagi pasien positif di RSUD Moewardi Solo, Robby dinyatakan sembuh. Hal itu dikatakannya saat video call dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Di sisi lain, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Depok Dadang Wihana menginformasikan per 29 Maret 2020 pasien yang sembuh mencapai 10 orang. (Fer/BN/RK/PO/JL/HT/KG/X-7)

BERITA TERKAIT