29 March 2020, 19:48 WIB

Daerah Zona Merah di Surabaya Terus Bertambah


Faishol Taselan | Nusantara

PEMERINTAH Provinsi Jawa Timur memastikan tiga daerah dinyatakan pada zona merah setelah ditemukan ada warga yang dinyatakan posisitf terkena virus korona (covid-19).

Ketiga daerah itu adalah Banyuwangi, Pamekasan, dan Jombang. Dengan tiga tambahan daerah tersebut maka terdapat 19 daerah dinyatakan zona merah.

"Daerah zona merah bertembah setelah ditemukan ada penderita positif yang ditemukan di wilayah tersebut," kata Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam jumpa pers di Gedung Grahadi, Minggu (29/3.

Baca juga: Cegah Korona, Pemkot Surabaya Tolak Kapal MV Viking Sun Singgah

Selain tiga daerah dinyatakan zona merah, Khofifah juga menyampaikan update penanganan virus korona di Jawa Timur.  Jumlah yang dinyatakan positif mencapai 90 orang, pasien dalam pengawasan (PDP) 336 orang, sedangkan Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 5071.  Selain itu, juga ada 5 orang sembuh, 3 dari Surabaya dan 2 dari Malang.

"Sebaliknya kita juga ikut berduka karena ada 3 yg meninggal. 1 Surabaya, 1 Magetan 1 Gresik," ujarnya.

Ditegaskan, melihat perkembangan itu masyarakat diminta menjaga kewaspadaan dan kesiapsiagaan penuh, jangan sampai lengah. Meski zona merah bertambah, Khofifah tetap bersikeras tidak akan melakukan lockdown.

Yang dilakukan hanyalah pengetatan wilayah wilayah tertentu agar tidak ada masyarakat berkumpul. Di beberapa daerah jalan jalan sudah banyak yang disekat atau ditutup agar tidak dilewat banyak orang.

"Hal Ini bagian dari upaya untuk mengurangi penyebaran viru korona," katanya.(FL/A-1)

BERITA TERKAIT