29 March 2020, 17:15 WIB

Jika Jakarta Dikarantina, Kadin Pastikan Stok Pangan Cukup


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

PEMERINTAH sedang menyiapkan peraturan pemerintah atau PP terkait karantina wilayah karena pandemi Covid-19. Menurut Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta, Diana Dewi, mengungkapkan stok pangan akan cukup untuk kedepannya meski nantinya wilayah Jakarta dikarantina.

"Dari beberapa kali rapat koordinasi dunia usaha dengan jajaran Pemprov DKI Jakarta, kebutuhan bahan pokok di Provinsi DKI Jakarta untuk beberapa bulan ke depan cukup," kata Diana kepada Media Indonesia, Jakarta, Minggu (29/3).

Baca juga: Jaga Pelaku UMKM Tetap Hidup, Pemerintah Beri Stimulus

Dunia usaha, sebut Diana, optimistis dengan apa yang disampaikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan soal kepastian ketersediaan dan stabilitas harga barang-barang kebutuhan pokok yang diperlukan masyarakat kedepannya.

"Walaupun DKI Jakarta bukan daerah produsen pertanian, tetapi Kadin DKI Jakarta siap menjaga supply kebutuhan pokok tersebut," terang Diana.

Lebih lanjut, Diana menuturkan, Jakarta merupakan pusat perputaran ekonomi dan uang, maka beberapa aktivitas perkantoran di Jakarta harus tetap berjalan walau secara minimal.

"Artinya, minimal masih ada kegiatan usaha yang boleh dilakukan oleh badan usaha yang melayani kepentingan masyarakat banyak. Untuk itu pemerintah juga harus dapat menjamin kebutuhan infrastruktur jaringan internet dan listrik," imbuh Diana.

"Walaupun ini merupakan masa-masa yang berat bagi kami dunia usaha, kami akan tetap support terhadap kebijakan pemerintah," pungkasnya.

Sebelumnya, Menko Polhukam Mahfud MD menyampaikan pemerintah tengah membuat rancangan aturan lebih terperinci mengenai karantina wilayah.

"Di situ akan diatur kapan sebuah daerah boleh melakukan pembatasan gerakan yang secara umum sering disebut lockdown," ujar Mahfud MD, Jakarta, Sabtu (28/3). (OL-6)

BERITA TERKAIT