29 March 2020, 17:00 WIB

Olimpiade Tokyo Dijadwalkan Digelar 23 Juli 2021


Rahmatul Fajri | Olahraga

OLIMPIADE Tokyo dijadwalkan akan digelar pada 23 Juli 2021. Media Jepang, NHK mendapat informasi dari pejabat penyelenggara event bahwa tanggal tersebut merupakan waktu yang tepat untuk menggelar Olimpiade Tokyo. Hal itu mengingat pandemi yang masih berlangsung dan waktu yang cukup untuk negara dalam mempersiapkan para atlet.

Selain itu, tanggal tersebut juga diprediksi sesuai dengan kondisi cuaca Tokyo yang tidak terlalu panas.

Baca juga: Meski Kecewa, Naomi Osaka Dukung Penundaan Olimpiade

Gubernur Tokyo Yuriko Koike juga sependapat dengan jadwal tersebut, karena event marathon dan lari lainnya bisa terselenggara dengan baik di pusat Kota Tokyo sesuai dengan arahan Komite Olimpade Internasional (IOC).

Sementara itu, Presiden Tokyo 2020 Yoshiro Mori dikabarkan akan mengeluarkan sejumlah keputusan dalam sepekan ke depan. Mori kini tengah berdiskui dengan IOC untuk membahas lebih lanjut pelaksanaan Olimpiade Tokyo, khususnya mengenai jadwal pembukaan.

Olimpiade Tokyo yang sedianya digelar pada 24 Juli hingga 9 Agustus 2020 itu harus ditunda karena pandemi global virus korona atau covid-19.

Presiden IOC Thomas Bach mengatakan beberapa opsi masih terbuka untuk Olimpiade Tokyo 2020, seperti penjadwalan yang tidak hanya terbatas pada bulan-bulan musim panas.

Meski dipastikan ditunda, api Olimpiade akan dibiarkan menyala selama sebulan di kompleks olahraga J-Village di Prefektur Fukushima. (AFP/OL-6)

BERITA TERKAIT