29 March 2020, 16:49 WIB

Pasien Sembuh dari Covid-19 Bertambah Jadi 64 Orang


Ferdian Ananda Majni | Humaniora

JURU bicara pemerintah Indonesia untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, mengatakan jumlah pasien yang dinyatakan positif Covid-19 pada Minggu (29/3) bertambah sebanyak 130 kasus. Sehingga total keseluruhan pasien Covid-19 di Indonesia menjadi 1.285 orang.

Data ini dikumpulkan sejak pukul 12.00, Sabtu (28/3) hingga pukul 12.00 WIB, Minggu (29/3). Dari jumlah tersebut, terdapat sejumlah pasien yang sembuh dari korona dan dinyatakan pulang.

Baca juga: KPU Usul Pilkada Ditunda Hingga 2021

"Kemudian pasien sembuh dan bisa pulang bertambah 5 orang sehingga total menjadi 64 orang," kata Yurianto dalam keterangannya di BNPB, Jakarta Timur, Minggu (28/3).

Dia menambahkan perkembangan jumlah kasus dari pemeriksaan laboratorium dilaksanakan di seluruh Indonesia yakni mencapai 6.500 pemeriksaan spesimen.

"Kemudian pasien meninggal bertambah 12 menjadi total 114 orang," sebutnya

Oleh karena itu, ia mengajak masyarakat sadar bahwa penambahan angka kasus positif ini masih menggambarkan bahwa di luar di lingkungan masyarakat masih ada kasus positif yang belum melaksanakan isolasi sehingga masih ada penularan karena kontak dekat.

"Masih ada yang belum rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun. Oleh karena itu, saya minta kepada masyarakat seluruhnya bahwa kembali lagi jaga jarak di dalam berkomunikasi sosial, baik dengan orang di luar rumah ataupun yang di dalam rumah supaya akan tetap di rumah apabila terpaksa sekali berada di luar rumah maka jaga jarak," paparnya

Baca juga: Cegah Covid-19 Imported Case, Petugas Wuhan Periksa Pendatang 

Selanjutnya, mengunakan masker manakala terpaksa harus berada dalam satu kerumunan orang yang demikian banyak, sehingga cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir, hindari menyentuh wajah ini menjadi penting karena disini lah sebenarnya infeksi penularan cukup banyak terjadi.

"Praktekkan betul etika pada saat batuk dan bersin tutup dengan masker atau menggunakan sarung tangan, tetap aman dan produktif di rumah, saling menjaga di antara sesama anggota keluarga, jangan sampai yang sehat menjadi sakit, kita pertahankan yang sehat tetap sehat dan kita upayakan yang mulai sakit untuk tidak menjadi sakit dan tetap berada dalam posisi yang sehat dengan pola itu bersih sehat asupan gizi yang cukup dan istirahat yang teratur," pungkasnya. (OL-6)

BERITA TERKAIT