29 March 2020, 15:40 WIB

3 Pasien Positif Covid-19 di Malang Dinyatakan Sembuh


Bagus Suryo | Nusantara

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Malang, Jawa Timur, menyatakan tiga pasien positif Covid-19 telah dinyatakan sembuh. Ketiga warga Kecamatan Blimbing dan Kecamatan Kedungkandang itu dinyatakan sehat dan kini sudah pulang ke rumahnya masing-masing. Meskipun demikian, mereka masih dalam pemantauan petugas kesehatan.

"Meskipun sudah dinyatakan sembuh, tiga warga yang semula positif korona dan sekarang sudah sehat itu tetap diminta mengisolasi diri secara mandiri terlebih dahulu," tegas Kabag Humas Pemkot Malang Nur Widianto kepada Media Indonesia, Minggu (29/3).

Baca juga: Tanggap Covid-19, Tabanan Tambah Rumah Sakit Rujukan

Ia menjelaskan Pemkot Malang bersyukur karena pasien dalam pengawasan positif Covid-19 dinyatakan sembuh. Mereka dan keluarga dipantau kesehatannya dan dianjurkan berada di rumah saja.

"Tiga pasien yang sudah sembuh dan sehat itu dari kelompok usia adalah mahasiswa, siswa SMP dan lanjut usia," tuturnya.

Kabar gembira di tengah wabah Covid-19 ini tentu tidak boleh dimaknai secara sembrono. Masyarakat tetap diimbau untuk beraktivitas di rumah, menjaga berinteraksi dan menjalankan pola hidup sehat. Upaya itu dilakukan untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19. 

Sejauh ini, Pemkot Malang terus bergerak gencar sosialisasi, edukasi, dan mendatangi kerumunan bersama Polri dan TNI menegakkan peraturan Wali Kota Malang dan maklumat Kapolri.

"Korona bisa disembuhkan, tapi lebih baik korona tidak hadir kepada kita semua. Ayo, membangun tanggung jawab dan kedisiplinan kita," tuturnya.

Ia mengungkapkan data persebaran Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) per 28 Maret 2020, yaitu 156 ODP diantaranya 90 orang dipantau, 66 orang meliputi 48 tenaga medis dan 18 tenaga medis warga Kota Malang sudah selesai dan lewat masa pantau.

Baca juga: Mulai Besok, Gubernur Babel Batasi Penerbangan Sehari Sekali

Sedangkan, PDP semula ada 26 orang, 3 pasien sembuh usai menjalani perawatan di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang dan Rumah Sakit Tentara Dokter Soepraoen Malang. Lima pasien dinyatakan sehat. Dua pasien meninggal dunia saat dirawat di RSSA dan Rumah Sakit Lavalette.

Sementara itu, pasien yang masih menjalani perawatan ada 6 orang, yaitu 2 orang di RS Lavalette, 2 orang di RS Panti Waluya Sawahan atau RKZ, masing-masing seorang pasien di rawat di RSSA dan RS Prima Husada. Dengan demikian kini masih ada 13 PDP di Kota Malang. (OL-6)

BERITA TERKAIT