29 March 2020, 07:30 WIB

Petenis Dunia Salurkan Bantuan


Media Indonesia | Olahraga

BINTANG tenis di seluruh dunia ramai-ramai memutuskan untuk berkontribusi dalam perjuangan melawan pandemi virus korona baru (covid-19). Mereka yang ikut memberikan bantuan antara lain Ana Ivanovic, Garbine Muguruza, Magda Linette, dan Novak Djokovic.

Ivanovic, mantan petenis putri nomor satu dunia asal Serbia yang juga duta Unicef, jadi bagian dari sebuah tim yang menyediakan 35 ventilator untuk negaranya serta memberikan alat pelindung diri (APD) kepada tenaga medis dan perlengkapan bagi keluarga yang rentan.

"Solidaritas di masa-masa sulit sangat penting untuk mengatasi tantangan yang kita semua hadapi bersama," kata Unicef Serbia dalam pernyataan resmi.

Rekan senegara Ivanovic, yakni Djokovic, petenis putra terbaik dunia saat ini, telah menyumbang 1 juta euro atau sekitar Rp18 miliar untuk membantu Serbia membeli ventilator dan alat kesehatan lainnya.

Di sisi lain, Muguruza, petenis putri asal Spanyol, bergerak bersama dengan rekan senegaranya, Carla Suarez Navarro dan Paula Badosa.

Mereka bergabung dengan petenis tunggal putra nomor dua dunia Rafael Nadal dan pebasket Pau Gasol dalam prakarsa solidaritas Spanyol bertajuk Palang Merah Tanggap yang bertujuan mengumpulkan 11 juta euro atau sekitar Rp196 miliar dari kalangan dunia olahraga 'Negeri Matador' untuk mengurangi dampak korona. Itu juga dijadikan cara untuk membalas dukungan rakyat Spanyol yang selalu mendukung atlet-atlet negeri itu selama bertahun-tahun.

Petenis Polandia Magda Linette juga ikut mengumpulkan dana bersama rekan sene-garanya, Iga Swiatek. Seluruh uang yang ada akan dibelikan APD, seperti masker, helm, pakaian pelindung, dan sarung tangan, untuk para tenaga medis di Polandia. (Ant/R-3)

BERITA TERKAIT