28 March 2020, 21:46 WIB

Bantuan APD dari Tiongkok Tiba di Tanah Air


Rudy polycarpus | Internasional

PAKET Bantuan medis dari pemerintah Tiongkok telah tiba di Tanah Air, Sabtu (28/3). 

Bantuan itu merupakan itikad baik dari pemerintag Tiongkok dalam membantu Indonesia menanggulangi virus covid-19.

Dikutip dari keterangan resmi Kedutaan Besar Tiongkok untuk Indonesia, paket bantuan medis ini diberangkatkan dari Shanghai, Selasa (24/3). 

Bantuan berupa alat tes corona, masker N95, masker bedah, pakaian pelindung medis, ventilator portabel, dll. 

"Pasokan medis ini akan digunakan untuk pencegahan dan pengendalian wabah COVID-19 di dalam negeri Indonesia melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)," tulis keterangan tersebut.

Sejak merebaknya wabah covid-19, pemerintah dan rakyat Indonesia telah memberikan bantuan dan dukungan yang tulus kepada pihak Tiongkok pada saat yang paling sulit. 

Pemerintah Tiongkok mengaku akan selalu mengingat dan menghargai jalinan persahabatan dengan Indonesia. Pihak Tiongkok juga mendukung dan memfasilitasi pembelian alat-alat medis oleh pemerintah dan perusahaan Indonesia di Tiongkok.

"Pemerintah dan rakyat Tiongkok memiliki perasaan yang sama dengan apa yang dialami rakyat Indonesia, sementara mengatasi kesulitan diri sendiri, memberikan bantuan dengan segenap kemampuannya. Pemerintah daerah, perusahaan dan masyarakat Tiongkok juga dengan aktif menawarkan bermacam-macam bantuan alat medis melalui berbagai saluran untuk mendukung Indonesia melawan pendemi," demikian bunyi pernyataan itu

Pemerintah Tiongkok optimistis di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo, Indonesia bisa mengalahkan pandemi korona.

"Kami percaya bahwa melalui pengujian wabah ini, persahabatan antara kedua negara dan rakyatnya akan semakin erat. Rakyat Indonesia pasti dapat mengalahkan wabah ini di bawah kepemimpinan kuat Presiden Joko Widodo," pungkasnya. (OL-8).

 

BERITA TERKAIT