28 March 2020, 18:40 WIB

Purbalingga Sanksi Rp500 Ribu bagi ODP Kedapatan Jalan-Jalan


Lilik Dharmawan | Nusantara

PEMERINTAH Kabupaten, Jawa Tengah, menyiapkan gelang identitas bagi orang dalam pemantauan (ODP) pandemi virus korona (covid-19).

Mereka juga harus menjalani karantina mandiri. Jika kedapatan mencopot gelang atau ke luar kawasan isolasi akan didenda Rp500 ribu.

Baca juga: Gubernur Ganjar Tetapkan Pemudik ke Jateng Otomatis Berstatus ODP

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan seluruh ODP di Purbalingga wajib menggunakan gelang yang telah disiapkan pemkab.

"Sehingga, para ODP yang menggunakan gelang harus karantina mandiri. Ini penting, untuk menekan angka penyebaran covid-19. ODP adalah mereka yang datang dari luar kota. Sampai sekarang tidak ada larangan untuk masuk ke Purbalingga, hanya saja mereka harus menggunakan gelang. Kami sangat fokus kepada pendatang, karena 5 kasus positif covid-19 berasal dari para pendatang yang mudik ke Purbalingga," ujar Dyah, Sabtu (28/3).

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi memperlihatkan gelang identitas bagi ODP saat diwawancarai Metro TV. (Instagram @dyahhayuningpratiwi)

Baca juga: Pasar Badung kini Dilengkapi Bilik Disinfektan

Bagi ODP yang mencopot gelang atau berjalan-jalan, akan dikenai sanksi. "Kami telah membetntuk gugus tugas yang memantau di perbatasan, hingga ke kecamatan dan desa. Sehingga nantinya akan dapat efektif pemantauannya. Apalagi saat sekarang ada 968 ODP di Purbalingga," jelasnya. (X-15)
 

BERITA TERKAIT