28 March 2020, 09:40 WIB

Pelayanan SIM Keliling Ditutup Sementara


Tri Subarkah | Megapolitan

DIREKTORAT Lalu Lintas Polda Metro Jaya menutup layanan perpanjangan surat izin mengemudi (SIM). Penutupan bersifat sementara  hingga masa tanggap darurat virus korona berakhir.

"Perpanjangan SIM tutup, SIM keliling, gerai SIM tutup," kata Direktur Lalu Lintas PMJ Kombes Sambodo Purnomo Yogo, kemarin.

Pemegang SIM yang masa berlakunya habis hingga 29 Mei tidak harus membuat SIM baru. Dispensasi berlaku bagi seluruh masyarakat. Kebijakan itu sekaligus untuk meminimalkan kerumunan dan menerapkan jarak.

Namun, terang dia, pembuatan SIM baru tetap bisa dilayani. Masyarakat dipersilakan mengurusnya di Satpas Polda Metro Jaya di Jalan Da-an Mogot, Jakarta Barat.

Sementara itu, terang dia, untuk pelayanan di kantor Samsat, masih berjalan normal. "Karena belum ada keputusan dari pemda untuk penghapusan denda pajak selama masa tanggap darurat."

Sekretaris Badan Pendapatan Daerah DKI Jakarta, Pilar Hendrani, mengatakan penyesuaian jam operasional di semua kantor Samsat sudah dimulai sejak Senin (23/3).

"Semua Samsat di lima wilayah di Jakarta beroperasi seperti biasa. Untuk Samsat Jakarta Pusat dan Utara baru beroperasi per hari ini (kemarin). Tapi jam operasional seluruh Samsat wilayah DKI Jakarta diubah menjadi buka pukul 08.00 sampai dengan 14.00," ujarnya.

Untuk hari Sabtu, jika sebelumnya buka hingga pukul 12.00, kali ini diliburkan pada 21 Maret dan 28 Maret.

"Juga untuk semua gerai Samsat di mal ditutup sementara sampai 31 Maret 2020. Untuk tunggakan pajak yang tidak lebih dari satu tahun, jadi tidak perlu datang ke Samsat," terangnya.

Masyarakat pun diimbau memanfaatkan layanan lewat aplikasi Samsat Online Nasional (Salmonas) dan e-Samsat Jakarta. Dengan demikian, masyarakat bisa membayar pajak STNK tahunan tanpa harus keluar rumah. (Tri/Put/J-3)

BERITA TERKAIT