27 March 2020, 20:21 WIB

Terbitkan SK, PSSI Tunda Liga 1 dan 2 Hingga Juni 2020


Deden Muhamad Rojani | Sepak Bola

PERSATUAN Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) telah mengambil keputusan terkait status kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 di tengah Pandemik Virus Corona.

Selaku federasi sepakbola Indonesia, PSSI memutuskan untuk menghentikan kompetisi pada periode Maret hingga Juni 2020. PSSI menetapkan bahwa Bulan Maret, April, Mei, dan Juni 2020 adalah Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana terkait penyebaran Covid-19 di Indonesia.

“Selain itu, Liga 1 dan Liga 2 ditangguhkan hingga 29 Mei, dengan klub diperbolehkan untuk melakukan perubahan kontrak kerja yang telah disepakati dengan pemain atau ofisial, atas kewajiban membayar gaji 25 persen dari nilai kontrak yang sudah disepakati,” tulis surat Keputusan PSSI bernomor SKEP/ /III/ 2020.

Sebagaimana diketahui, kompetisi sudah dihentikan sejak 16 Maret dengan status ditangguhkan selama dua pekan. Namun, keadaan makin parah dan PSSI pun mengambil keputusan lebih lanjut.

Jika status keadaan darurat tidak diperpanjang oleh pemerintah, maka kompetisi sepak bola profesional Indonesia itu akan kembali diputar pada 1 Juli 2020. Namun, jika keadaan darurat yang sudah ditetapkan pemerintah hingga 29 Mei diperpanjang, maka kompetisi 2020 akan dihentikan.

"Hal-hal terkait teknis termasuk namun tidak terbatas pada penjadwalan, sistem dan format kompetisi, kewajiban klub terhadap pihak ketiga, sistem promosi dan degradasi, akan diatur kemudian dalam Surat Keputusan yang terpisah," tulis surat tersebut. (OL-4)

BERITA TERKAIT