27 March 2020, 13:00 WIB

Menteri Kominfo Tebar Optimisme Melawan Covid-19


Ihfa Firdausya | Humaniora

OPTIMISME untuk bisa keluar dari masa krisis pandemi Covid-19 menjadi hal yang harus digaungkan berbagai pihak di Indonesia saat ini. Berkaca dari keberhasilan di Wuhan, Tiongkok, kuncinya adalah optimisme dan saling menyemangati satu sama lain.

Hal tersebut diamini Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate. Menurutnya, sudah seharusnya energi bangsa digunakan untuk saling memperkuat agar segenap masyarakat secara bersama-sama dengan pemerintah mengatasi masalah pandemi Covid-19.

Menkominfo juga mengajak masyarakat agar tidak menyebarluaskan konten negatif, menebar pesimisme, dan bullying yang hanya akan menyedot dan menghabiskan energi secara mubazir.

Baca juga: Kemenag Izinkan Dana BOS dan BOP untuk Pencegahan Covid-19

"Saatnya kita gunakan energi positif bangsa untuk membangun soliditas dalam melawan dan memberantas wabah pandemi virus Covid-19 dalam waktu yang tidak lama," ujarnya kepada Media Indonesia, Jumat (27/3).

Di sisi lain, Johnny menyatakan Kominfo akan bertindak tegas terhadap konten disinformasi terkait Covid-19 dengan meminta platform digital untuk men-take down informasi-informasi hoaks.

"Kominfo juga bekerja sama dengan Bareskrim Polri untuk melakukan penegakan hukum atas pihak yang memproduksi dan menyebarkan hoaks dan disinformasi khususnya terkait pandemi virus Covid-19," jelasnya.

"Banyak yang sedang diproses Polri melalui Polda-Polda di seluruh Indonesia," pungkas Menkominfo. (OL-1)

BERITA TERKAIT