27 March 2020, 12:45 WIB

PT KAI Juga Cegah Penyebaran Covid-19 di Angkutan Barang


Suryani Wandari Putri Pertiwi | Humaniora

LANGKAH antisipasi penyebaran virus korona atau Covid-19 terus diakukan PT Kereta Api Indonesia. Bukan hanya di angkutan transportasi massal saja melainkan juga hingga pada angkutan barang.

Kegiatan tersebut dilakukan dengan penyemprotan cairan disinfektan di seluruh gudang, terminal, dan lingkungan kerja unit angkutan barang Daop dan Divre yang dilakukan secara serentak pada Kamis (26/3).

“Kegiatan ini bertujuan menjamin pasokan logistik melalui kereta barang aman dan lancar serta tidak terganggu merebaknya wabah Covid-19,” ujar VP Public Relations KAI Yuskal Setiawan.

Yuskal menambahkan, KAI secara konsisten menerapkan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 di seluruh wilayah kerja KAI.

Baca juga: Stok Nasional APD Tersisa 19 ribu

Area yang dilakukan penyemprotan disinfektan ialah kantor Angkutan Barang, kantor/loket ekspeditur di stasiun, terminal, gerbong barang, gudang, dan barang-barang yangg datang maupun yang akan diangkut.

Sedangkan untuk pengangkutan binatang, Yuskal mengaku akan diberhentikan.

“Khusus untuk angkutan binatang, sementara ini, kami hentikan pelayanannya selama merebaknya Covid-19 untuk mencegah penyebarannya melalui kereta barang,” tambah Yuskal.

KAI juga membekali petugas dengan masker, sarung tangan, hand sanitizer, thermo gun, dan wastafel portable sehingga kebersihan tetap terjaga.

“Semua protokol yang KAI lakukan tersebut demi pelayanan kepada pelanggan Angkutan Barang dan juga kesehatan pegawai kami di lapangan. Harapannya agar kereta api menjadi tulang punggung angkutan logistik nasional yang yang aman, tepat waktu, dan terjangkau,” tutup Yuskal. (OL-1)

BERITA TERKAIT