27 March 2020, 12:06 WIB

Jakarta Selatan Uji Coba Semprot Disinfektan Menggunakan Drone


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Megapolitan

PEMERINTAH Jakarta Selatan bekerja sama dengan Dinas Potensi Kedirgantaraan (Dispotdirga) dan Federasi Aerosport Indonesia (FASI) melaksanakan uji coba proses penyemprotan disinfektan menggunakan drone, Jumat (27/3).

Kepala Dispotdirga Marsma TNI Basuki Rochmat mengatakan akan menyiapkan tiga drone yang akan bertugas menyemprot wilayah Jakarta Selatan dari ketinggian.

"Kemampuan drone sanggup membawa 16 liter cairan disinfektan dalam tanki kemudian akan dilakukan uji coba oleh Wali kota Jakarta Selatan," ujar Basuki, Jumat (27/3).

Baca juga: Pemprov DKI Dapat Bantuan 4 Unit Bilik Disinfektan

Menurutnya, drone bisa menjangkau daerah-daerah yang cukup tinggi dan sempit, sehingga hanya pesawat drone yang bisa menjangkau area tersebut.

"Saya rasa ini ide yang sangat bagus dari komunitas drone dalam membantu program pemerintah mencegah covid-19," tuturnya.

Adanya uji coba penyemprotan melalui drone tidak membuat jalan yang dilalui harus ditutup sementara atau dibuat rekayasa jalan.

Sebelumnya, uji coba menerbangkan drone pun sudah dilakukan di Lapangan Aldiron, Jakarta Selatan, Kamis (26/3).

Penyemprotan disinfektan merupakan upaya mencegah penyebaran virus korona yang masih belum terselesaikan dan telah membuat ratusan orang terinfeksi. (OL-1)

BERITA TERKAIT