27 March 2020, 11:11 WIB

Kejaksaan Tinggi Se-Indonesia Serentak Terapkan Sidang Daring


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum

ADANYA pandemi virus korona (Covid-19) dan atas perintah Jaksa Agung, Jaksa se-Indonesia serentak melaksanakan sidang secara daring, Kamis (26/3).

Adapun 14 Kejati yang serentak melakukan sidang perkara secara daring itu adalah Kejati Papua Barat, Riau, Jawa Timur, DKI Jakarta, Yogyakarta, Kepulauan Riau, Sumatra Selatan, Aceh, Bengkulu, Bangka Belitung, Jawa Tengah, NTT, dan Sulawesi Selatan.

Khusus di wilayah Kejati DKI Jakarta, seluruh Kejari sudah menggelar sidang daring.

Baca juga: Berani Korupsi Anggaran Covid-19, Siap-Siap Dihukum Mati

Ketua Komisi Kejaksaan Barita Simanjuntak memberikan apresiasi atas kerja sigap dan cepat Kejaksaan, meskipun adanya surat edaran Ketua Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2020,

"Persidangan online ini adalah keputusan tepat dan patut diapresiasi," ujar Barita kepada Media Indonesia, Jumat (27/3).

"Terima kasih untuk seluruh jajaran Kejaksaan yang bekerja keras, responsif, inovatif, dan sigap sehingga penanganan perkara dan hambatan dapat dicarikan jalan keluarnya secara profesional," tambahnya.

Menurutnya, bila langkah sidang daring ini tidak diputuskan secara cepat akan menimbulkan efek domino terhadap persoalan penegakan hukum di penyidikan, di penuntutan, dan di Lembaga Pemasyarakatan.

Barita menjelaskan nantinya akan berakibat langsung terhadap keadilan dan kepastian Hukum.

"Kejaksaan telah mengambil peranan penting dengan memutus mata rantai efek domino itu melalui pelaksanaan sidang online ini," tutur Barita. (OL-1)

BERITA TERKAIT