27 March 2020, 10:03 WIB

Pelatih yang Antar Prancis Juara Piala Eropa 1984 Tutup Usia


Patrick Pinaria | Sepak Bola

AWAN duka menyelimuti publik sepak bola Prancis. Mereka sedang berduka lantaran harus kehilangan sosok Michel Hidalgo. Pelatih yang membawa timnas Prancis meraih gelar Piala Eropa 1984 itu meninggal dunia.

Hidalgo menghembuskan napas terakhir di usia 87 tahun. Kabar duka tersebut diumumkan Asosiasi Sepak Bola Prancis (FFF), Kamis (26/3) waktu setempat atau Jumat (27/3) dini hari WIB.

"Hari ini, kami merasakan duka dan emosi yang mendalam atas meninggalnya Michel Hidalgo," ucap Presiden FFF Noel Le Graet lewat situs resmi asosiasi.

"Federasi sepak bola kami sedang berduka. Michel Hidalgo adalah salah satu nama terbesar dalam sepak bola Prancis. Ia membuat sejarah di sepak bola internasional dengan gelar besar pertama yang dimenangkan bersama timnas Prancis," lanjutnya.

Baca juga: Pele: Saya lebih Baik dari Ronaldo dan Messi

"Melalui filosofi permainannya, kepribadiannya, hasratnya patut dicontoh. Ia berkontribusi besar dan berpengaruh dalam olahraga kami di tingkat internasional dan popularitasnya di Prancis," tutur Le Graet.

"Ia adalah manusia memiliki kepribadian hebat dan indah, seseorang yang kepribadiannya jarang ditemui. Atas nama Federasi Sepak Bola Prancis dan semua sepak bola Prancis, saya menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada keluarga dan orang-orang yang dicintainya," imbuhnya.

Hidalgo melatih timnas Prancis pada periode 1976 hingga 1984. Dalam periode itu, ia sukses membawa Les Bleus meraih gelar Piala Eropa 1984.

Trofi yang sangat istimewa buat timnas Prancis. Pasalnya, trofi tersebut merupakan trofi besar pertama yang diraih Prancis. Michel Platini menjadi pemain andalan Hidalgo saat itu.

Selain itu, Hidalgo juga mampu membawa Prancis ke babak semifinal Piala Dunia 1982. Hanya saja, Prancis harus menelan kekalahan dari Jerman Barat lewat adu penalti dengan skor 4-5 di babak itu. (Sportsmole/OL-1)

BERITA TERKAIT