27 March 2020, 10:01 WIB

Sulteng Kebagian Jatah 60 Paket APD dari Kemenkes


Mitha Meinansi | Nusantara

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) RI menyalurkan 60 paket bantuan Alat Pelindung Diri (APD) untuk penanggulangan Covid-19, yang diperuntukan bagi para dokter, perawat dan tenaga medis, di beberapa rumah sakit rujukan yang ada Sulawesi Tengah. Bantuan APD itu tiba di Sulteng, sudah dalam bungkus khusus dan telah diperuntukan ke rumah sakit  rujukan yang ditentukan. 

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah, dr Renny Lamadjido, ketika bantuan tiba di kota Palu, masing-masing rumah sakit langsung  mengambil sendiri jatah mereka. Rumah Sakit yang menerima bantuan tersebut, di antaranya RSUD Undata  Palu, RSUD Anutapura Palu, RS Wirabuana, RSU Mokopido di Kabupaten Tolitoli, RSUD Kabupaten Luwuk Banggai dan RSUD Kolonodale di Kabupaten Morowali Utara.

"Sejauh ini bantuan dari Kemenkes berupa  APD sudah cukup banyak, akan tetapi Pemerintah Provinsi Sulawesi juga sudah memesan sendiri untuk mengantisipasi," ujar Renny Lamadjido di Palu, Kamis (26/3).

Menurutnya, di tengah situasi saat ini, sangat sulit jika hanya mengandalkan bantuan pemerintah pusat. 

"Kalau hanya mengharapkan bantuan dari pemerintah pusat, dalam hal ini Kemenkes, saya rasa itu sulit. Makanya itu kita dari Pemerintah Provinsi harus punya inisiatif untuk  melakukan pemesanan sendiri," tuturnya.

baca juga: Atasi Kelangkaan BLK Blora Produksi Masker Gratis

Renny Lamadjido menyatakan pihaknya sudah melakukan pemesanan APD, dan saat ini sedang menunggu barang pesanan itu tiba di Kota Palu. Sesuai janji yang diberikan pihak yang menerima pesanan, barang-barang itu akan tiba pekan depan. (OL-3)
 

BERITA TERKAIT