27 March 2020, 09:25 WIB

Sulteng Umumkan Satu PDP Positif Covid-19


Mitha Meinansi | Nusantara

SATU pasien dalam pengawasan (PDP) yang diisolasi di RSUD Undata Palu, dinyatakan positif Korona. Berdasarkan situs covid.go.id yang dirilis pada Kamis (26/3) sore, Sulawesi Tengah kini terdapat satu pasien korona. Keterangan disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu, dr Husaema Abdul Rahman, PDP yang dinyatakan positif korona tersebut merupakan pasien yang sudah dirawat sejak 3 Maret lalu.

"Pemeriksaan pertama dia negatif. Pemeriksaan kedua baru positif. Berdasarkan informasi dari Kadinkes Provinsi, dr Riri," ujar Husaema,Kamis (26/3).

Menurut dr Husaema, PDP itu sudah diisolasi sejak awal Maret 2020. Ia merupakan pasien rujukan dari Rumah Sakit Bala Keselamatan (BK) Palu. Pasien tersebut positif korona setelah hasil pemeriksaan laboratorium terhadap pasien tersebut keluar.

"Memang sudah diisolasi sejak 3 Maret lalu. Sebelumnya dari BK, dikirim ke Undata setelah hasil rontgennya menyampaikan positif ada peradangan paru. Kalau peradangan paru kan tidak bisa membuktikan positif, makanya dikirim ke Jakarta. Waktu pertama 3 Maret itu, masih negatif," ujar Husaema.

baca juga: Aceh Tetapkan Tanggap Darurat Covid-19 Selama 71 Hari

Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola sebelumnya mengungkapkan bahwa di wilayahnya terdapat 38 ODP dan baru dua orang yuang selesai pemantaua. Kemudian pasien dalam pemantauan (PDP) sebanyak 19 orang, satu di antaranya dinyatakan positif. Sementara proses laboratorium yang masih menunggu hasil sebanyak 14 orang.

"Satu positif yaitu pasien 04 di rumah sakit Undata," kata Longki Djanggola. (OL-3)
 

BERITA TERKAIT