27 March 2020, 09:07 WIB

NTT Siapkan RS Kampus dan Hotel Antisipasi Pasien Korona


Palce Amalo | Nusantara

PEMERINTAH  Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) terus bergerak mempersiapkan berbagai sarana dan prasarana mengantisipasi munculnya pasien terjangkit virus korona (covid-19) di daerah itu. Meskipun sampai Jumat (27/3) pagi belum ada laporan warga NTT positif korona, Gubernur NTT Viktor Laiskodat minta dinas kesehatan juga menyiapkan tempat perawatan lain selain rumah sakit rujukan virus korona.

Di Kota Kupang, selain Rumah Sakit (RS) WZ Johannes yang sudah ditetapkan rumah sakit rujukan untuk merawat pasien virus korona, juga sedang dipersiapkan RS milik Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana (Undana) yang baru selesai dibangun, dan hotel milik pemerintah daerah, Hotel Sasando berkapasitas 60 kamar.

"Seluruh ruangan diisi peralatan dan dipersiapkan dengan standar (perawatan pasien positif virus korona)," kata Gubernur Viktor Laiskodat.

Untuk itu, selain kiriman alat pelindung diri (APD) dari pemerintah pusat, NTT juga mempersiapkan anggaran untuk membeli APB dari berbagai  tempat. Pasalnya sesuai simulasi, kebutuhan APD untuk tenaga medis sekitar 350 ribu set untuk kurun waktu 2-3 bulan. Adapun bantuan pemerintah pusat yang sudah tiba sebanyak 500 set. 
Persiapan gedung tambahan untuk perawatan pasien corona juga dilakukan di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat dan kabupaten lainnya. 

Sementara itu, warga yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (OPD) korona sebanyak 301 orang, 26 orang di antaranya selesai pemantauan dan dinyatakan sehat, tujuh orang menjalani rawat inap di rumah sakit, dan 268 orang menjalani karantina mandiri di rumah masing-masing.

Karo Humas dan Protokol Setda NTT Marius Jelamu minta masyarakat patuh dan taat terhadap protokol yang dikeluarkan pmerintah antara lain tetap melakukan social distancing dan mengenakan masker.

baca juga: Kota Pematangsiantar Siaga Covid-19

"Kita terus mengimbau agar orang-orang NTT yang sekarang sedang masuk ke NTT sebagai TKI dari Malaysia, maupun orang-orang NTT yang datang dari berbagai provinsi yang telah terpapar virus korona, pastikan diri Anda sehat dan segera lakukan isolasi secara mandiri," kata Marius. (OL-3)

BERITA TERKAIT