27 March 2020, 08:46 WIB

Kota Pematangsiantar Siaga Covid-19


Apul Iskandar | Nusantara

WALI KOTA Pematangsiantar, Hefriansyah  menggelar rapat kesiapsiagaan menghadapi Covid-19 melalui teleconference di ruang data Pemkot Pematangsiantar, Kamis (26/3). Sebelumnya Hefriansyah telah menjalani isolasi mandiri selama 14 hari setelah melakukan kunjungan dari Jakarta dan Sumatra Barat. 

Hefriansyah, dari ruang kerjanya di rumah dinas wali kota memberikan arahan serta memerintahkan para lurah dan camat agar berkoordinasi dengan pihak Polsek, Koramil, dan Puskesmas agar terus menyosialisasikan social distancing. Wali Kota juga memerintahkan agar petugas mengecek pendatang baru yang datang dari luar atau baru pulang dari perantauan,khususnya tenaga kerja Indonesia.

Kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Hefriansyah memerintahkan agar terus berkoordinasi dalam penyemprotan disinfektan di wilayah Kota Pematangsiantar, melaporkan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pemantauan (PDP), sosialisasi agar rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan orang lain, dan yang
berstatus  ODP agar melakukan isolasi mandiri.

"Memantau orang yang keluar masuk Kota Pematangsiantar. Untuk tempat keramaian, saya berharap agar pihak Satpol PP bertindak tegas," terangnya.

Sementara itu, Pj Sekda Pematangsiantar Kusdianto SH menjelaskan telah disepakati sejumlah langkah yang akan dilakukan Pemko Pematangsiantar dalam rangka menanggulangi penyebaran Covid-19. Di antaranya, Jumat ini (27/3) akan diadakan penyemprotan desinfektan menggunakan empat unit mobil pemadam kebakaran di tempat yang banyak dilalui orang banyak,  atau jalan-jalan protokol yang berada di jantung pusat kota Pematangsiantar.

baca juga: 1.402 Personil Tagana Banten Siaga Covid-19

"Satpol PP juga agar terus mengimbau para pemilik kafe, warung internet, biliar dan tempat hiburan serta tempat keramaian agar menghentikan kegiatan sementara waktu. Bila tidak digubris, akan dilakukan tindakan tegas dari Pemko Pematangsiantar," kata Kusdianto. (OL-3)
 

BERITA TERKAIT