27 March 2020, 08:39 WIB

Samsat Jakarta Utara dan Jakarta Pusat Kembali Beroperasi


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

KANTOR Bersama Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) DKI Jakarta Pusat dan Jakarta Utara sudah beroperasional kembali dan sudah memberikan pelayanan seperti biasa di tengah penyebaran virus korona atau Covid-19, Kamis (26/3).

Pencegahan virus korona juga menyasar pada pelayanan publik seperti kantor bersama Samsat di DKI Jakarta. Khususnya untuk pengurusan pajak dan dokumen kendaraan bermotor.

Menurut Sekretaris Badan Pendapatan Daerah DKI Jakarta Pilar Hendrani yang saat itu sedang menijau langsung kantor bersama Samsat Pusat dan Samsat Utara, penyesuaian jam operasional dilakukan sudah dimulai sejak Senin (23/3) lalu.

Baca juga: Pemprov Perlu Karantina Wilayah Berisiko Tinggi

"Semua Samsat di lima wilayah di Jakarta, beroperasi seperti biasa. Tapi untuk Samsat Jakarta Pusat dan Utara baru beroperasi per hari ini. Tapi jam operasional seluruh Samsat wilayah DKI Jakarta diubah jadi buka pukul 08.00 WIB sampai dengan 14.00 WIB," ujarnya, Kamis (26/3).

Sementara untuk hari Sabtu, jika sebelumnya buka hingga pukul 12.00, kali ini diliburkan pada 21 Maret dan 28 Maret nanti.

"Juga untuk semua gerai Samsat di mal ditutup sementara sampai 31 Maret 2020," lanjutnya.

"Untuk tunggakan pajak yang tidak lebih dari satu tahun. Jadi tidak perlu datang ke Samsat," terangnya.

Pilar pun mengimbau masyarakat bisa memanfaatkan layanan Samsat Online lewat aplikasi SALMONAS, Samsat Online Nasional dan e-Samsat Jakarta, Aplikasi ini dapat diunduh di Google playstore Android. Di sini masyarakat bisa membayar pajak STNK tahunan tanpa harus keluar rumah.

Setelah melakukan pembayaran via online, Pilar memastikan TBPKP (Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran) dan stiker pengesahan akan dikirim ke alamat yang tertera di STNK.

Pilar juga memberikan semangat kepada semua pegawai yang bertugas seperti Polisi, Bank DKI, dan Jasaraharja.

"Para pegawai harus terus jaga kesehatan jangan lupa memakai masker, sarung tangan dan hand sanitizer pada saat bertugas" ujarnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT