27 March 2020, 08:38 WIB

1.402 Personil Tagana Banten Siaga Covid-19


Wibowo Sangkala | Nusantara

TARUNA Siaga Bencana (Tagana) Provinsi Banten melakukan penyemprotan desinfektan ke sejumlah fasilitas publik di Jalan Raya Lebak-Pandeglang.Ketua Tagana Banten Andika Hazrumy mengatakan, sebanyak 1.402 personil Tagana Banten siap membantu upaya pemerintah, baik pusat maupun daerah, melakukan pencegahan penyebaran virus korona di Provinsi Banten.

"Kami kan memiliki personil yang tersebar di kabupaten/kota dan terlatih melakukan kerja-kerja sosial terkait kebencanaan. Nah, sekarang sebanyak 1.402 personil kami siap membantu pemerintah pusat dan daerah melakukan upaya penanganan penyebaran virus korona ini," kata Andika, Jumat (27/3).

Menurut Andika, bantuan dimaksud di mana personil Tagana Banten siaga adalah yang mencakup upaya pencegahan, seperti penyemprotan desinfektan yang sudah dilakukan Tagana Banten secara mandiri tersebut. 

"Upaya pencegahan meliputi sosialisasi, penyemprotan, pembagian masker dan hand sanitizer dan sejenisnya," imbuhnya.

Wakil Ketua Tagana Banten  Dadan Suryana yang memimpin penyemprotan desinfektan Tagana Banten kepada fasilitas publik di Jalan Raya Lebak-Pandeglang mengatakan, penyemprotan desinfektan dilakukan pihaknya untuk membantu pencegahan penyebaran virus korona di Provinsi Banten.

"Sebagai pekerja sosial yang memang bekerja di wilayah bencana, kami merasa terpanggil untuk membantu masyarakat menghadapi pandemi global,"  kata Dadan didampingi Ketua Tagan Kabupaten Lebak Iwan Hermawan Syah.

baca juga: Cegah Covid-19, Mesjid Raya An-Nur Riau Tiadakan Shalat Jumat

Dadan juga mengkonfirmasi kesiapan personil Tagana Banten dalam membantu pemerintah mencegah penyebaran virus corona sebagaimana disampaikan Andika. Menurutnya, pemerintah tidak bisa bekerja sendiri menangani pandemi global virus korona tersebut.

"Tentu saja kami siap. Bahkan kami sudah menyiagakan seribuan lebih personil kami yang tersebar di kabupaten/kota jika sewaktu-waktu pemerintah memerlukan," kata Dadan.

Encep Nana, Ketua DKM Masjid Jami Al Muhajirin, Kp Sindangsono, DS SindangSari, Warung Gunung, Lebak,  mengaku bersyukur dan merasa terbantu dalam antisipasi penyebaran virus korona. (OL-3)

BERITA TERKAIT