27 March 2020, 03:12 WIB

Negatif Korona, Seorang PDP di Ternate Dipulangkan


Hijrah Ibrahim | Nusantara

TIM dokter penanganan pasien virus korona Covid 19 Rumah Sakit Casan Boesoirie, Ternate, Maluku Utara, memulangkan satu Pasien dengan status Pasen Dalam Pengawasan (PDP) asal Kabupaten Halmahera Barat.

Hal itu karena hasil spesimen yang diterima dari Balitbangkes Kementerian Kesehatan menunjukkan hasil negatif vrus korona (Covid-19).

Hal itu, disampaikan Ketua II satgas penananganan Covid-19 Malut, Idhar Sidi Umar di Posko Covid-19 Provinsi Malut di Ternate, Kamis (26/3).

"Satu pasien asal Kabupaten Halmahera Barat, yang diisolasi di ruang isolasi RSUD Chasan Boesoirie telah dipulangkan karena hasil spesimennya negatif dari virus korona".kata Idhar.

Baca juga : Bupati Natuna Serahkan Gaji untuk Kinerja Satgas Covid-19

Di RSUD Chasan Boesoirie saat ini terdapat 5 pasien berstatus PDP virus korona. Pasien terbaru berstatus PDP dirujuk dari Tobelo, Halmahera Utara.

"Awalnya PDP memang 5 orang, namun 1 orang sudah keluar karena hasilnya negatif, tetapi ada tambahan 1 PDP lagi sehingga hasilnya masih tetap 5 orang," Ujar Idhar.

Idhar mengungkapkan, berdasarkan hasil pengolahan data di pusat data informasi satgas yang diperoleh dari Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota di Maluku Utara dan KKP Kelas III Ternate, jumlah Orang dengan karantina mandiri sebanyak 2.508 orang, Orang Dalam Pemantauan (ODP) 70 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP )5 orang dengan status kasus terkonfirmasi positif covid-19 1 orang.

"Penambahan ini ditemukan saat dilakukan screaning di pintu masuk dan pelacakan kontak area atau tracing kontak dengan pasien 01 yang dinyatakan positif,"jelasnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT