27 March 2020, 00:50 WIB

Banten Upayakan Lebih Banyak Rapid Test dan APD


Wibowo Sangkala | Nusantara

Gubernur Banten Wahidin Halim menyatakan bahwa saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten tengah mengupayakan untuk mendapatkan rapid test kit dan Alat Pelindung Diri (APD) lebih banyak. Pasalnya ketersediaan rapid test kit dan APD saat ini terbatas.

Hal ini membuat Pemprov Banten harus bijak dalam memprioritaskan penggunaan alat-alat tersebut yang kini semakin langka.

"Saya berusaha untuk memenuhi, memfasilitasi RSUD Banten sebagai pusat rujukan covid-19 untuk masyarakat Banten agar bisa memenuhi harapan masyarakat. Kita terus berupaya sampai kapan pun, termasuk rapid test ini. Kami terus cari agar yang membutuhkan terutama Orang Dalam Pemantauan (ODP) covid-19 ini, sehingga bisa segera diketahui mana yang positif mana yang tidak," kata Wahidin pada Kamis (26/3).

Baca juga: Di Banten, Pemeriksaan Covid-19 Gratis

Sebagai upaya preventif, dia menyebutkan, pihaknya telah melakukan penyemprotan di berbagai titik kabupaten/kota se-Provinsi Banten. Selain itu, dia juga telah menginstruksikan petugas penertiban untuk membubarkan kerumunan-kerumunan di tengah masyarakat khususnya yang dilakukan kalangan muda. Karena potensi penyebaran virus covid-19 cukup besar pada kerumunan.

"Tak bosan saya mengimbau kepada seluruh masyarakat Banten untuk waspada terhadap virus korona. Ayo lakukan tindakan pencegahan, mulai dari diri kita sendiri dengan pola hidup sehat. Makan makanan bergizi dan buah-buahan. Rajin berolah raga. Hindari keramaian dan selalu berdoa agar kita selalu diberikan kesehatan serta terhindar dari penyakit dan marabahaya," jelas Wahidin. (OL-14)

BERITA TERKAIT