26 March 2020, 20:30 WIB

Menpora : 2021 Jadi Tahun Sibuk Olahraga Indonesia


Akmal Fauzi | Olahraga

MENTERI Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan, 2021 akan menjadi tahun sibuk bagi olahraga nasional. Hal itu berkaitan dengan adanya penundaan Olimpiade Tokyo hingga satu tahun karena pandemi virus korona (Covid-19).

Zainudin mengatakan, Olimpiade yang digelar pada 2021 berbarengan dengan hajat Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 serta SEA Games di Vietnam.

Akan tetapi, ia tetap optimistis semua event di 2021 dapat diikuti dengan baik oleh Indonesia.

“Bagi kita, Indonesia agak berat. Jadi 2021 tahun yang tersibuk untuk olahraga Indonesia. tapi saya masih optimis kita bisa ikuti semua dengan baik,” kata Zainudin, Kamis (26/3).

Menurutnya, perubahan jadwal Olimpiade juga akan berimbas ke anggaran Pelatnas yang jadwalnya juga menjadi semakin panjang.

"Kemudian juga untuk latihan-latihan yang mengundang tim-tim luar negeri juga terpaksa harus kita tiadakan, dan sekarang ini para pelatih hanya menjaga kebugaran para atlet supaya tidak terlalu drop," jelasnya.

Oleh karena itu, Zainudin meminta kepada seluruh federasi cabang olahraga agar menyesuaikan program pelatnas dengan kondisi pandemi Covid-19 saat ini agar tak banyak berpengaruh signifikan dengan kesiapan para atlet.

Dia menegaskan akan segera berkomunikasi dengan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dan Ketua Kontingen (CdM) Indonesia di Olimpiade 2020 untuk membuat perencanaan ke depan. (OL-8)

BERITA TERKAIT