26 March 2020, 19:45 WIB

Sempat Bertamu ke Ombudsman, Komisioner KPU Langsung Tes Covid-19


Cahya Mulyana | Politik dan Hukum

KOMISIONER Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menggelar tes kesehatan setelah mendengar kabar dua pejabat Ombudsman RI, yakni Lely Pelitasari Soebekty dan Lilik Rahayu dinyatakan positif terjangkit virus korona (Covid-19). 

Tes yang dijalankan komisioner KPU hasilnya negatif. Namun, dua orang lainnya, Hasyim Asyari dan Pramono Ubaid belum menjalankan tes.

Baca juga: Pemerintah Daerah Bisa Perketat Lalu Lintas Warga

Hal itu dipaparkan Ketua KPU RI Arief Budiman. Menurut dia, tes tersebut untuk memastikan dari pandemi covid-19 karena sebelumnya pimpinan KPU RI melawat ke kantor Ombudsman RI. Beruntung, kala itu menemui Alamsyah Saragih, bukan dua pimpinan Ombudsman yang divonis positif Covid-19.

"Enggak, cuma ada pak Alamsyah saja. Yang nemuin kita pak Alamsyah Saragih waktu itu," kata Arief saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Kamis (26/3).

Menurut dia, dua komisioner Ombudsman tersebut berstatus orang dalam pengawasan atau ODP, bukan positif Covid-29. Hal itu sesuai keterangan komisioner Ombudsman, Alamsyah Saragih.

Guna mencegah hal terburuk, kata dia, seluruh pimpinan KPU melakukan tes kesehatan.  "Kita udah sampaikan kemarin, kita sudah tes semua, hasilnya negatif semua. Kecuali pak Hasyim sama pak Pramono karena belum tes," jelasnya.

Keduanya pun, lanjut dia, akan segera mengikuti tes yang sama. "Namun saya tidak tahu apakah keduanya hari ini atau kapan akan ditesnya," katanya.

Selain itu, ia menjelaskan kinerja KPU masih berjalan seperti biasa meskipun menerapkan sistem kerja di rumah. 

"Tapi nanti kan nunggu evaluasi juga kan, itu seperti apa diperpanjang atau tidak kebijakan kerja di rumah," pungkasnya. (OL-6)

BERITA TERKAIT