27 March 2020, 02:00 WIB

Tenaga Medis Sambut APD


MI | Nusantara

KEGELISAHAN tenaga medis akibat kekurangan alat pelindung diri mulai bisa dikurangi. Kemarin, ribuan APD sudah sampai ke tangan para dokter dan perawat.

Di Kalimantan Selatan, dua gelombang paket APD sudah diserahkan. Yang pertama dari Kementerian Kesehatan berjumlah 1.500 unit, dan terakhir 2.000 unit APD dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Kiriman kedua dibawa dengan pesawat CN-295/A-2907 milik TNI AU dari Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta yang mendarat di Lanud Syamsuddin Noor.

Bantuan APD tersebut diserahkan  Komandan Korem Kolonel Inf M Syech Ismed kepada Ketua Gugus Tugas Pengendalian dan Penanganan Virus Corona Kalsel Abdul Haris Makkie. “APD ini akan langsung kami distribusikan ke rumah sakit untuk digunakan petugas medis dalam menangani virus korona,” tutur Abdul Haris.

Bantuan piranti medis itu juga diterima Kalimantan Tengah. Sebanyak 2.000 alat pelindung medis dari Kementerian Kesehatan diterima Gubernur Sugianto Sabran. “Segera kami salurkan ke rumah sakit di Kalteng,” papar Sugianto.

Sementara Banyumas, Jawa Tengah, menyiapkan 3.000 APD, atau 100 unit untuk setiap puskesmas. “Ini upaya untuk melindungi tenaga medis,” kata Bupati Achmad Husein. (DY/SS/LD/N-1)

BERITA TERKAIT