26 March 2020, 19:45 WIB

Bendung Korona, Rusia Hentikan Semua Penerbangan Internasional


Nur Aivanni | Internasional

RUSIA akan menghentikan semua penerbangan internasional mulai Jumat (27/3) berdasarkan keputusan pemerintah yang berisi langkah-langkah baru terhadap wabah virus korona.

Keputusan yang diterbitkan pada Kamis (26/3) itu memerintahkan otoritas penerbangan untuk menghentikan semua penerbangan reguler dan carter, dengan pengecualian bagi penerbangan khusus yang mengevakuasi warga Rusia dari luar negeri.

Baca juga: Uni Eropa Tutup Perbatasan untuk Bendung Penyebaran Covid-19

Dikutip dari France24, Kamis (26/3), badan penerbangan sipil Rusia Rosaviatsiya akan menghentikan perjalanan udara reguler dan carter dari bandara Rusia ke bandara luar negeri dan sebaliknya, menurut keputusan yang diterbitkan di situs web pemerintah.

Keputusan itu mengatakan bahwa penerbangan yang disahkan oleh pemerintah Rusia akan dikecualikan dari aturan tersebut. Langkah-langkah baru itu juga tidak berlaku untuk penerbangan domestik di Rusia.

Pemerintah mengatakan warga Rusia yang tidak bisa kembali karena pembatasan yang diberlakukan oleh negara mereka harus mengambil langkah-langkah agar tetap dalam kondisi aman.

Keputusan itu juga meminta Kementerian Keuangan untuk mengalokasikan dana untuk memulangkan warga Rusia dan mereka yang kembali akan dilakukan pemeriksaan kesehatan dan karantina selama dua minggu.

Sebelumnya, Rusia yang telah melaporkan 658 kasus virus korona dan mengumumkan dua kematian terkait Covid-19 telah menutup perbatasannya dengan negara tetangga dan membatasi penerbangan ke dan dari Uni Eropa. (France24/Nur/A-1)

BERITA TERKAIT