26 March 2020, 19:38 WIB

Cegah Korona, Warga Diimbau Jaga Kualitas Air dan Udara


Mediaindonesia.com | Humaniora

SEMAKIN merebaknya wabah virus korona (covid-19) di Tanah Air memang membuat kita semua harus mawas diri. Pasalnya, tidak semua orang yang positif terkena virus itu merasakan gejalanya.

Itu sebabnya, tugas pencegahan penyebaran virus mematikan semestinya tidak melalu dibebankan kepada pemerintah, melainkan mulai dari diri sendiri. Hal tersebut diungkapkan Agnes selaku public relations dari produsen alat-alat kesehatan Advance.

Baca juga: Cegah Covid-19, Imbauan Social Distancing Harus Dipatuhi

Menurut dia, saat ini menjadi kewajiban setiap individu untuk mencegah penyeran virus yang berasal dari Wuhan, Tiongkok itu. Caranya antara lain dengan menaati imbauan pemerintah dengan mengurangi aktivitas dan menjaga jarak fisik.

Selain itu, setiap orang juga harus menjaga kebersihan diri dengan sering mencuci tangan dan yang tidak kalah penting adalah menjaga kualitas air dan udara di sekitar.

“Meski tidak terlihat, kita rentan terpapar virus dan bakteri yang tersebar di udara. Untuk itu, kami ingin masyarakat lebih paham akan pentingnya kualitas udara yang kita hirup, terutama bagi lansia dan ibu hamil yang lebih rentan terhadap virus dan bakteri," ujar Agnes dalam siaran persnya, Kamis (26/3).

“Memang harus diakui, saat ini sulit sepertinya mendapatkan udara yang bersih, sehat, dan bebas dari virus terutama untuk kita yang tinggal di kota-kota besar. Sebagai solusinya, kami mengimbau masyarakat membiasakan diri menggunakan air bersih yang dimasak.”

Tidak hanya itu, kualitas air minum yang dikonsumsi juga tak boleh luput dari perhatian. Sebagai komponen utama dalam tubuh, air mempunyai peran penting salah satunya dalam proses detoksifikasi untuk membuang racun, sehingga air yang diminum harus aman dari virus dan bakteri.

“Jika anda tidak yakin dengan kualitas air minum anda saat ini, kami  siap membantu melakukan tes kualitas air itu,” tegasnya.

Selain itu, pihaknya juga mengajak masyarakat untuk menjalankan pola hidup bersih dan sehat. Caranya dengan rutin mencuci tangan dengan benar, menggunakan masker jika sakit, dan menjaga daya tahan tubuh dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan.

"Dengan melakukan tahapan-tahapan itu, setidaknya kita sudah berusaha membantu penyebaran virus korona dan mencegahnya," ujarnya. (RO/A-1)

BERITA TERKAIT