26 March 2020, 19:37 WIB

Covid-19 Meluas, Menpora Segera Evaluasi PON Papua


Akmal Fauzi | Olahraga

MENTERI Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, akan mengevaluasi penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020 Papua. Mengingat, penyebaran virus korona (Covid-19) di Tanah Air semakin meluas.

Sejauh ini, belum ada keputusan resmi terkait status perhelatan PON Papua. “Sekarang belum ada keputusan apapun. Sesuai arahan Presiden dalam rapat terbatas terakhir, tetap on schedule,” ujar Zainudin, Kamis (26/3).

“Namun, kami akan lihat lagi bagaimana perkembangan situasi pandemi ini dalam hitungan hari dan bulan. Bila harus menunda, kami akan tunda. Kalau situasinya mereda dan persiapan tidak terganggu signifikan, maka PON akan kita gelar sesuai rencana," imbuh Zainudin.

Baca juga: PB PON 2020 Tunggu Keputusan Resmi Pemerintah

Menurutnya, keputusan final akan ditentukan setelah rapat bersama dengan KONI Pusat dan Pengurus Besar (PB) PON. KONI Pusat, lanjut Zainudin, diminta untuk mendengarkan berbagai masukan dari KONI Daerah dan sejumlah cabang olahraga.

Zainudin menambahkan pandemic Covid-19 sangat menggangu atlet dalam persiapan pelatihan daerah (Pelatda) jelang PON Papua. Akan tetapi, keselamatan atlet dan ofisial tentu menjadi pertimbangan utama.

“Keselamatan atlet, pelatih, ofisial, dan masyarakat itu yang lebih kami utamakan dibandingkan hal lainnya,” tegasnya.(OL-11)

BERITA TERKAIT