26 March 2020, 19:14 WIB

Olimpiade Ditunda, Perbakin Akan Ajukan Perubahan Dana Pelatnas


Akmal Fauzi | Olahraga

PENGURUS Besar Persatuan Menembak dan Berburu Indonesia (PB Perbakin) akan mengusulkan perubahan peruntukan anggaran pelatnas Olimpiade dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) terkait penundaan jadwal pelaksanaan Olimpiade Tokyo 2020.

Penundaan pesta olahraga sejagat itu juga diikuti dengan penundaan kejuaraan menembak internasional sebagai ajang babak kualifikasi Olimpiade.

"PB Perbakin juga dapat pemberitahuan melalui email dari Federasi Olahraga Menembak Internasional (ISSF) dan panitia penyelenggaraan event menembak internasional," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) PB Perbakin, Firtian Yudiswandarta, di Jakarta, Kamis (26/3).

Baca jugaOlimpiade Ditunda, BWF Akan Bekukan Kejuaraan Dunia

"Makanya, PB Perbakin langsung berkoordinasi dengan pelatih dan TIm Pelatnas Menembak serta konsultasi dengan pihak Kemenpora untuk merancang perubahan peruntukan anggaran pelatnas Olimpiade Tokyo 2020," ujar Firtian. 

Dalam nota kesepahaman (MoU) dengan Kemenpora, PB Perbakin mendapat anggaran pelatnas sebesar Rp7,9 miliar yang akan dialokasikan untuk dana try-out, trainning camp (TC), dan keikutsertaan di berbagai event internasional. Namun, rencana itu tidak bisa direaliasasikan lantaran adanya pandemi virus korona (Covid-19).

Dia menambahkan, mundurnya pelaksanaan Olimpiade Tokyo hingga satu tahun akan membuat persiapan atlet lebih panjang. Saat ini, atlet menembak putri, Vidya Rafika Rahmatan Toyyiba sudah memastikan satu tiket untuk berlaga di Tokyo.

PB Perbakin juga berharap pada jatah wildcard atau undangan untuk menambah perwakilan atletnya tampil di Olimpiade Tokyo. (Mal/OL-09)

BERITA TERKAIT